Dinda Hamdana. PENATAAN OBJEK WISATA ISLAMI SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA KOTA BANDA ACEH DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak penelitian ini berjudul “penataan objek wisata islami sebagai strategi komunikasi dinas pariwisata kota banda aceh dalam menarik minat wisatawan”. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penataan objek wisata islami sebagai strategi komunikasi dinas pariwisata kota banda aceh dalam menarik minat wisatawan dan apa saja yang menjadi faktor kendala dan pendukungnya. metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu meneliti secara mendalam dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi langsung ke lapangan, dan dokumentasi. dalam hal ini penulis melakukan wawancara dengan beberapa informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. selain itu, teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi aidda (attention, interest, desire, decision, action) merupakan suatu proses psikologis yang terjadi pada diri khalayak (komunikasi) dalam menerima pesan komunikasi. dari hasil penelitian

Baca Juga : ANALISIS PENGARUH JUMLAH WISATAWAN, JUMLAH OBJEK WISATA DAN JUMLAH HOTEL TERHADAP PENERIMAAN SEKTOR PARIWISATA DI KOTA BANDA ACEH (Maya Carlina, 2016) ,

Baca Juga : PENGARUH JUMLAH OBJEK WISATA DAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP PENERIMAAN SEKTOR PARIWISATA DI KOTA BANDA ACEH DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM (CUT REMI RIATUN DINI, 2020) ,

nataan yang dilakukan oleh dinas pariwisata adalah dengan membangun mushalla dan tempat untuk berisitirahat para wisatawan. lalu untuk mendukung objek wisata islami dapat diketahui oleh wisatawan lokal dan mancanegara, dinas pariwisata menggelar event aceh international food festival, mengadakan pemilihan duta wisata dan sosialisasi pentingnya sertifikasi halal yang harus segera didaftarkan oleh para pengusaha kuliner lokal untuk mendukung terbentuknya objek wisata islami. dalam melakukan penataan objek wisata islami sebagai strategi komunikasi dinas pariwisata kota banda aceh dalam menarik minat wisatawan yang menjadi faktor kendala berupa anggaran dana dan lahan. ada juga faktor pendukung dinas pariwisata dalam melakukan penataan objek wisata islami yaitu berupa masyarakat yang homogen dan dinas syariat islam. salah satu alternatif yang dilakukan dinas pariwisata kota banda aceh adalah mengadakan sosialisasi lebih lanjut kepada masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat tentang penataan objek wisata agar mereka tau dan sadar betapa pentingnya wisata islami dari wisatawan asing. kata kunci : penataan, objek wisata islami, strategi komunikasi, dinas

Tulisan yang relevan

PEMBUATAN VIDEO WISATA ISLAMI KOTA LHOKSEUMAWE MENGGUNAKAN ADOBE PREMIERE PRO (Muhammad Rizal, 2017) ,

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN DAERAH SEKTOR PARIWISATA KOTA BANDA ACEH. (ZELVIAN SHELLA, 2014) ,

STUDI PENENTUAN RUTE PERJALANAN WISATA KOTA BANDA ACEH (KHAIRUL, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi