Nurlina. IMMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SD ATEUK KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Implementasi manajemen pengajaran pai untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada sdn ateuk kabupaten aceh besar oleh: nurlina nim: 1109200050058 komisi pembimbing: 1. dr. nasir usman, m. pd 2. dr. sakdiah ibrahim, m. pd abstrak kemampuan guru dalam mengelola manajemen pengajaran merupakan salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan pengajaran pendidikan agama islam di sekolah, karena manajemen pengajaran yang baik akan sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pengajaran pai pada sd ateuk kuta baro aceh besar. penelitian ini menggunakan metode: deskriptif dengan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data dilakukan melalui: wawancara, observasi, dan dokumentasi. subjek penelitian adalah: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan siswa di sd ateuk kuta baro aceh besar. hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan pengajaran yang disusun

Baca Juga : EVALUASI KEBUGARAN JASMANI SISWA SMP ABULYATAMA LAM ATEUK ACEH BESAR TAHUN 2013/2014 (Agus Riyanto, 2017) ,

Baca Juga : ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DALAMRNMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWARNDI SMP NEGERI 12 BANDA ACEH (Vera Siska, 2015) ,

an pedoman yang berlaku, (2) pelaksanaan pengajaran diawali dengan appersepsi dan dilanjutkan dengan penyajian materi, sedangkan pengelolaan kelas dengan mengkombinasikan kegiatan individu, kelompok dan klasikal. hal ini terlihat dan cara guru menguasai materi sudah cukup memadai, dan masih ditemukan guru yang belum terbiasa dalam menggunakan media pembelajaran, (3) evaluasi yang dilakukan guru dengan acuan kkm sesuai dengan indikator dalam standar kompetensi kelulusan mata pelajaran pai, dan remedial lebih sering dilakukan setelah ujian, karena kemampuan siswa masih di bawah kkm. evaluasi hasil pembelajaran masih menggunakan bentuk tes tulis dan tidak tertulis. guru masih banyak yang belum melaksanakan analisis pembelajaran, sehingga masih diragukan kualitas yang digunakan. selanjutnya kendala yang di hadapi guru pai dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa adalah: kurangnya sarana pendukung pengajaran, keadaan peserta didik melebihi kapasitas dan motivasi peserta didik rendah serta belum maksimalnya dukungan masyarakat. kata kunci : manajemen pengajaran dan prestasi

Tulisan yang relevan

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT DAN WUJUD BENDA DI SD NEGERI GAROT KABUPATEN ACEHN AJARAN 2010/2011 (Ermanida AR, 2021) ,

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Khairani, 2013) ,

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PENGAJARAN LAN GS UNG DAN KOOPERATIF DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG TANPA KOOPERATIF PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH) (Andian, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi