Sarah Mauliana. TEKNIK SELF AFFIRMATION UNTUK MENGURANGI KECEMASAN AKADEMIK SISWA MAN MODEL BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak sarah, mauliana. 2018. teknik self affirmation untuk mengurangi kecemasan akademik siswa kelas xi man model banda aceh. skripsi, jurusan bimbingan konseling, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing : (1) drs. abu bakar, m.si, (2) dra. nurhasanah, m.pd kata kunci: kecemasan akademik, teknik self affirmation kecemasan akademik merupakan reaksi dari diri yang merasa tidak mampu untuk melakukan berbagai aktivitas dalam bentuk akademik. kecemasan akademik ini sering terjadi di sekolah karena siswa memiliki pola pikir yang tidak logis yang sangat berpengaruh pada stabil tidaknya emosi siswa. untuk menangani permasalahan ini, peneliti menggunakan teknik self affirmation di dalam praktek bimbingan kelompok. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecemasan akademik pada siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik self affirmation, dan melihat adanya penurunan kecemasan akademik secara signifikan siswa man model setelah

Baca Juga : METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014) ,

Baca Juga : TINGKAT KECEMASAN DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP DENGAN PENERAPAN COLLABORATIVE TEACHING (Wahyu N, 2017) ,

ikan teknik self affirmation. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-postest group design. sampel diambil dengan metode purposive sampling berjumlah 30 orang dari 117 siswa yang memiliki kecemasan akademik tinggi. data dikumpulkan dengan angket berskala 1-4. uji paired sample sign-test yang dipakai untuk melihat ada atau tidaknya penurunan kecemasan akademik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. hasil penelitian ini menunjukkan sebelum diberikan perlakuan teknik self affirmation dengan nilai rata-rata (mean) kecemasan akademik pada siswa sebesar 77,60>60,03 nilai rata-rata (mean) setelah perlakuan. rata-rata penurunan nya adalah sebesar 17,57. dimana tabel binominal n=30 dan p=0,01 sebagai taraf signifikansi, x ? p adalah 0,000. karena 0,000 ? 0,01 maka dapat dikatakan bahwa teknik self affirmation dapat menurunkan kecemasan akademik secara berarti dan signifikan pada

Tulisan yang relevan

TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA DALAM BELAJAR (Nurhayati, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015) ,

KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH (Rinna Nurhaina, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi