Khairuni. POLA PENDIDIKAN ANAK DISABILITAS DI SDLB NEGERI BAMBI KABUPATEN PIDIE. Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola pendidikan segregasi anak disabilitas di sdlb bambi. penelitian ini menggunakan teori interaksionalisme simbolik geoge herbert mead yang memusatkan perhatiannya pada interaksi antara individu dan kelompok. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan informannya yaitu kepala sekolah, guru-guru yang mengajar di sdlb bambi, dan orangtua dari murid sdlb bambi. pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. berdasarkan hasil penelitian bahwa pola pendidikan segregasi terhadap anak disabilitas sdlb di dukung oleh para guru yang bersangkutan di sekolah karena model pembelajaran terhadap anak disabilitas akan disiapkan oleh guru sehingga anak disabilitas mampu untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial. model pembelajaran juga di susun secara dominan dan berdasarkan kepada kurikulum 13 (k-13). anak disabilitas yang belajar di sdlb negeri bambi bukan hanya diajarkan dengan menggunakan

Baca Juga : EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR ANTARA GURU DENGAN SISWTUNAGRAHITA (KETERBELAKANGAN MENTAL) DI SDLB NEGERI BAMBI KABUPATEN PIDIE (Fazil Hidayani, 2020) ,

Baca Juga : MOTIVASI ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN PADA ANAK KEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB (Firli Cahyani Fauzi, 2021) ,

pola pendidikan segregasi tetapi mereka juga mempunyai pola asuh dari orangtua. hubungan pola pendidikan segregasi dengan pola asuh orangtua dari anak disabilitas sama-sama pempunyai cara pembelajaran dan pengasuhan tersendiri terhadap anak disabilitas. hanya saja pola pendidikan segregasi diterapkan di lingkungan sekolah, sedangkan pola asuh orangtua diterapkan dirumahnya masing-masing. pendidikan segregasi memberikan pengaruh terhadap pola asuh orangtua dari anak disabilitas. karena melalui pendidikan segregasi yang berpengaruh terhadap pola asuh orangtua, orangtua bisa mengetaui kondisi belajar anak disabilitas ketika belajar di rumah dan orangtua bisa mendampingi dan melihat perkembangan belajar dan perubahan sikap dari anak disabilitasnya. kata kunci: pola pendidikan, anak disabilitas,

Tulisan yang relevan

MANAJEMEN SARANA PENDIDIKAN PADA SEKOLAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB YTC KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN (Mustafa, 2017) ,

MEKANISME KOPING KELUARGA MERAWAT ANAK USIA SEKOLAH YANG MENGALAMI RETARDASI MENTAL DI SDLB NEGERI BAMBI KECAMATAN PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE TAHUN 2010 (Mahsura, 2021) ,

KENDALA GURU DALAM MENGAJAR ANAK TUNAGRAHITA KELAS VI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB)NEGERI KOTA BANDA ACEH KECAMATAN BAITURRAHMAN (Suci Yunita, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi