MUHAMMAD RIFQI. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Tidak tercapainya hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem disebakan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya kemampuan berpikir metakognitif peserta didik dalam mengatur dan mengolola proses pembelajaran. salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan metakognitif peserta didik melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi ekosistem. penelitian ini menggunakan metode experimental research dengan menggunakan desain pretest-postest control group design. populasi dalam penelitian ini terdiri dari 389 peserta didik yang tersebar pada sepuluh sekolah yang terakteditasi b di sman kabupaten bireuen. sampel dalam penelitian ini terdiri dari 117 peserta didik yang tersebar pada tiga sekolah meliputi sman 1 samalanga, sman 2 samalanga dan sman 1 peulimbang, pemilihannya dilakukan secara randam

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (KHAIRUN NISA, 2018) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015) ,

sampling. teknik pengumpulan data metakognitif dilakukan dengan memberikan lembar angket kesadaran metakognitif, sedangkan hasil belajar dilakukan dengan memberikan pretes dan postes dalam bentuk tes objektif. hasil analisis metakognitif peserta didik diperoleh zhitung > ztabel (7,6101 > 1,96). analisis hasil belajar peserta didik diperoleh zhitung > ztabel (4,7481 > 1,96). berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan metakognitif peserta didik pada materi ekosistem di sman kabupaten bireuen. kata kunci : hasil belajar, metakognitif, problem based learning, sman kabupaten

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DARI BAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 BANDA ACEH (Lidya Sri Rizki, 2014) ,

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM IMUN (Maulinda Yani, 2021) ,

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi