ZUHRA RUHMI. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA GAYO DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2019

Abstrak

Abstrak zuhra ruhmi. 2018. pengembangan perangkat pembelajaran berbasis budaya gayo dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. pengintegrasian budaya pada pembelajaran matematika diperlukan untuk mendekatkan pembelajaran pada kehidupan sehari-hari sehingga dapat memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan. hal ini merupakan harapan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pendidikan di provinsi aceh. namun perangkat pembelajaran berbasis budaya gayo belum tersedia, sehingga diperlukan upaya untuk membantu guru mengembangkan perangkat pembelajaran tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis budaya gayo dengan pendekatan realistik yang valid, praktis dan efektif. model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah pengembangan plomp yang terdiri atas tiga tahap yaitu pengkajian awal, perancangan/pembuatan prototipe, dan penilaian. subjek penelitian

Baca Juga : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (MUHAMMAD RIDHA, 2020) ,

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Nur Dewi, 2016) ,

ini adalah siswa kelas vii smp it azzahra sebagai ujicoba kecil juga uji coba besar untuk menilai valid, praktis dan efektif. hasil penelitian ini diperoleh perangkat pembelajaran matematika berbasis budaya gayo telah memenuhi ktiteria valid, praktis dan efektif. kata kunci : pendekatan realistik, budaya gayo, kemampuan pemecahan masalah

Tulisan yang relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DI SEKOLAH DASAR (FATHIYA, 2021) ,

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI SPLTV KELAS X MAN 4 ACEH BESAR (CUT NADIA, 2018) ,

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DI SD MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DISERTAI VIDEO PEMBELAJARAN (Novi Yanti, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi