Dewi Fitri. PENERAPAN STRATEGI KONFLIK OGNITIF UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Miskonsepsi yang dimiliki siswa dapat menghambat proses konstruksi pengetahuan berikutnya, sehingga perlu diupayakan untuk mengubah miskonsepsi menjadi konsep ilmiah. materi pecahan merupakan materi ajar yang sukar dipahami siswa sehingga menimbulkan berbagai macam miskonsepsi pada siswa kelas v. miskonsepsi pada materi pecahan terjadi pada aspek mengenal bentuk pecahan, membandingkan, mengurutkan, melakukan operasi penjumlahan, dan operasi pengurangan pecahan. mengubah konsepsi siswa yang keliru pada materi pecahan dapat dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat merangsang terjadinya perubahan konsepsi siswa. strategi konflik kognitif merupakan salah satu strategi pembelajaran yang sangat berpotensi untuk memotivasi siswa menata ulang wawasan yang sudah mereka dapatkan. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan miskonsepsi siswa selama pembelajaran dengan strategi konflik kognitif, mendeskripsikan perubahan miskonsepsi siswa setelah penerapan

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL (CONCEPTUAL CHANGE) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DITINJAU DARI PENALARAN FORMAL SISWA (Elva Wirda, 2016) ,

Baca Juga : ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH DALAM MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ALJABAR (Fauza Usni, 2016) ,

i konflik kognitif, dan mendeskripsikan retensi miskonsepsi yang masih dialami siswa setelah penerapan strategi konflik kognitif. penelitian ini tergolong jenis deskriptif kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa kelas v sd negeri 8 jangka kabupaten bireuen yang paling banyak mengalami miskonsepsi berdasarkan hasil tes diagnostik dan wawancara pada studi pendahuluan. tes yang digunakan yaitu tes diagnostik dan dilakukan sebanyak tiga kali. hasil penelitian menunjukkan perubahan miskonsepsi siswa selama pembelajaran dengan strategi konflik kognitif pada setiap siswa tidak selalu sama, meskipun siswa tersebut mengalami miskonsepsi yang sama. perubahan miskonsepsi siswa menjadi konsep ilmiah semakin meningkat setelah penerapan strategi konflik kognitif sebanyak lima pertemuan. namun, tidak semua pengetahuan baru yang dikonstruksi siswa mampu bertahan lama dalam pikiran siswa, karena masih terdapat siswa yang kembali mengalami miskonsepsi berdasarkan jawaban siswa pada tes retensi yang dilakukan satu bulan setelah penerapan strategi konflik

Tulisan yang relevan

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU MATEMATIKA DALAM MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Irma Putriyani, 2016) ,

EFEKTIFITAS LAYANAN MEDIASI DALAM MENGATASI KONFLIK ANTAR SISWA DI SMAN 1 DENGAN SMKN 2 LANGSA (RIZKA AZ-ZAHRA, 2019) ,

PENERAPAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM MENGATASI MISKONSEPSI, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI SEL DI MAN DARUSSALAM (Putri Wulandari, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi