HAMIDAH. MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH PADA SMP NEGERI 7 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah pada smp negeri 7 bandar baru kabupaten pidie jaya oleh : hamidah npm : 1509200050016 komisi pembimbing: 1. dr. niswanto, m. pd. 2. dr. bahrun, m. pd. abstrak manajemen berbasis sekolah (mbs) dan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (mpmbs) merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan program pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan dan penyusunan program peningkatan mutu berbasis sekolah mbs dan mpmbs, kendala yang dihadapi, dan pemberdayaan komite sekolah di smp negeri 7 bandar baru kabupaten pidie jaya. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. lokasi penelitian ini adalah smp negeri 7 bandar baru kabupaten pidie jaya. subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, staf tata usaha, dan komite sekolah.

Baca Juga : KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA SMP TERPENCIL NEGERI 3 BANDAR BARU PIDIE JAYA (Fitriliana, 2017) ,

Baca Juga : PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII10 SMP NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (Nurmala, 2013) ,

alisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penyusunan program peningkatan mutu berbasis sekolah pada smp negeri 7 bandar baru kabupaten pidie jaya sudah baik. sekolah menerapkan proses mbs melalui beberapa tahap yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, pengawasan, serta evaluasi; (2) pelaksanaan ppmbs melalui langkah-langkah: mengoptimalkan peranan kepala sekolah, mengoptimalkan peran guru dan staf sekolah, mengoptimalkan peran orang tua siswa dan masyarakat, mengoptimalkan peran siswa, dan meningkatkan mutu mengajar melalui program inovatif berbasis kompetensi; (3) tindak lanjut program peningkatan mbs dengan memperkuat kepemimpinan, perbaikan pembelajaran yang berkesinambungan, memperkuat manajemen kurikulum, memperkuat kapasitas manajemen, dan memperkuat sumber daya tenaga kependidikan; dan (4) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ppmbs kurangnya sarana dan prasarana pendukung, adalah perpustakaan, unit kesehatan sekolah, dan laboratorium bahasa. kata kunci: manajemen, mutu, dan manajemen berbasis

Tulisan yang relevan

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 1 BANDAR BARUKABUPATEN PIDIE JAYA (NUR ASIAH, 2016) ,

KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL DI SD NEGERI 1 LUENGPUTU KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Hafnidar, 2018) ,

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 RNGEUMPANG KABUPATEN PIDIE (HINDUN, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi