lebe berkat. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 LAWE SIGALAGALA ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2012-2013. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci : penerapan, model pembelajaran, kooperatif, tipe talking stick, prestasi belajar. skripsi ini berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran ips kelas viiia smp negeri 3 lawe sigalagala tahun ajaran 2012-2013. penelitian ini dilatarbelakangi, rendahnya kemampuan siswa dalam pemahaman materi dan kurangnya aktivitas guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran ips, dengan permasalahannya; apakah aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran mencerminkan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick ? apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas viiia smp negeri 3 lawe sigalagala kabupaten aceh tenggara ?. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui perubahan prestasi siswa dalam mata pelajaran ips kelas viiia smp negeri 3 lawe sigalagala melalui penerapan model

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI MINYAK BUMI PADA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sri Ninta Br Sinulingga, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Rahmi Yulis, 2018) ,

ajaran kooperatif tipe talking stick. metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ips, terbukti pada proses pembelajaran siklus i aktivitas belajar siswa yang tuntas sebanyak 11 orang dari 30 siswa atau sekitar 37% dengan rata-rata kelas 55,00, siklus ii aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yakni 18 orang dari 30 siswa atau sekitar 60% dengan rata-rata kelas 67,66. dan siklus iii aktivitas belajar siswa yang tuntas mangalami peningkatan sebanyak 27 dari 30 siswa atau sekitar 90% dengan rata-rata kelas 71,33. dan aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran mencerminkan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran ips kelas viiia smpn 3 lawe sigalagala, dibuktikan dengan lembar observasi kinerja guru dari siklus pertama perolehan skor 40, nilai rata-ratanya 3,63, pada siklus kedua perolehan skor meningkat menjadi 43, nilai rata-ratanya 3,90, kemudian siklus ketiga perolehan skornya semakin meningkat menjadi 44 , dangan nilai rata-ratanya 4,00.

Tulisan yang relevan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LAWE SIGALAGALA TAHUN PELAJARAN 2012-2013 (MUZAKKIR, 2013) ,

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS-EKONOMI POKOK BAHASAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA SMP NEGERI 2 PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN (Cut Marliani, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DI KELAS XI MAN DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Misbahul Jannah, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi