Rahmad Fitra. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Rahmat fitra (2016). peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self- concept siswa smk melalui model problem-based instruction (pbi) model problem-based instruction (pbi) adalah salah satu model pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk lebih aktif serta membuat langkah-langkah penyelesaiannya sehingga diduga akan mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan mengubah pandangan siswa terhadap matematika menjadi lebih positif. penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept siswa yang diajarkan dengan model problem-based instruction (pbi) dan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional baik secara keseluruhan maupun berdasarkan level siswa. penelitian ini menggunakan desain pre-test post-test control group design. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi smk farmasi cut meutia banda aceh pada tahun pelajaran 2013/2014. sampel diambil dua kelas yaitu kelas xia sebagai kelas eksperimen

Baca Juga : PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA DI PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA DI SMAN 3 PUTRA BANGSA 3 PUTRA BANGSA (NITA SARI, 2020) ,

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018) ,

n kelas xib sebagai kelas kontrol melalui teknik purposive sampling. instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar angket skala self-concept siswa. uji statistik yang digunakan untuk mengalisis data peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept adalah uji anava dua jalur. hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept siswa yang diajarkan dengan model problem-based instruction (pbi) lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. ditinjau berdasarkan level siswa, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept siswa yang diajarkan dengan model problem-based instruction (pbi) juga lebih baik daripada dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. kata kunci: model problem-based instruction (pbi), kemampuan pemecahan masalah matematis, self-concept

Tulisan yang relevan

KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Zia Anjelina, 2021) ,

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) (HILDA RESTINA, 2018) ,

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Laila Sari, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi