Nurul Syamsi. EFEKTIVITAS TES DI AKHIR PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN RNPELAJARAN 2013/2014. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kata kunci: tes diakhir pembelajaran terhadap hasil belajar tes diakhir pembelajaran adalah tes yang diberikan sebelum jam pelajaran berakhir, baik itu 15 menit ataupun 20 menit sebelum jam pelajaran berakhir. tujuan dari pemberian tes diakhir pembelajaran adalah untuk dapat menguatkan ingatan siswa dalam mengingat materi dan dari pemberian tes diakhir pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas x sma negeri 5 banda aceh, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas x ia1 (kelas kontrol) dan kelas x ia3 (kelas eksperimen) dan masing-masing kelas berjumlah 21 siswa. instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: (1) instrumen hasil belajar berupa tes diakhir pembelajaran yang diberikan pada kelas eksperimen dan tes akhir yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) instrumen respon siswa berupa angket. selama penelitian ini tes

Baca Juga : PENGARUH KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013-2014 (Devira Arianti, 2015) ,

Baca Juga : HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNSYIAH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Desy, 2015) ,

diakhir pembelajaran diberikan sebanyak 2 kali, itu dikarenakan pertemuan dalam materi relasi dan fungsi hanya 4 jp (2 x pertemuan). data angket siswa dianalisis dengan menghitung presentase yang diperoleh masing-masing siswa. data yang tercantum dalam penelitian ini diperoleh dari hasil jawaban siswa (pada tes akhir) terhadap soal yang diberikan (berbentuk essay) sebanyak 5 butir soal. data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. dari analisis data diperoleh thitung = 2,72 dan ttabel = 1,68 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,72 > 168, artinya h0 di tolak, sehingga h1 diterima pada taraf signifikan ? = 0,05. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian tes diakhir pembelajaran dapat memberikan efek positif terhadap hasil belajar siswa atau dengan kata lain pemberian tes diakhir pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi lebih

Tulisan yang relevan

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Risna Arista, 2014) ,

HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 INGIN JAYA RNACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (JULIMAN, 2015) ,

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 TAPAKTUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Syawirul Yati, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi