Fauzan. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Fauzan, 2018 : pengaruh penggunaan media video pada konsep sistem gerak pada manusia terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada sma negeri 1 peukan baro kabupaten pidie. pembimbing i: dr. khairil, m. si. pembimbing ii: dr. safrida, s. pd,. m. si abstrak penggunaan media video merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk peserta didik pada konsep sistem gerak pada manusia. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media video berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem gerak pada manusia. penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan pada sma negeri 1 peukan baro tahun pelajaran 2016/2017. populasi peneltian adalah 46 peserta didik, yaitu peserta didik kelas xi ipa 1 sebanyak 23 peserta didik dan xi ipa 2 sebanyak 23 peserta didik. sampel penelitian adalah keseluruhan dari populasi yaitu 23 peserta didik kelas eksperimen dan 23 peserta didik kelas kontrol. pengumpulan

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DIPADU MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN PIDIE (NURZAHRIANA, 2019) ,

Baca Juga : PEMANFAATAN MEDIA VIDEO MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI DI SMP NEGERI 1 BLANGJERANGO KABUPATEN GAYO LUES (JUMIATI, 2020) ,

data motovasi dan hasil belajar melalui angket dan soal tes hasil belajar pada saat pretest dan posttest. data motivasi dan hasil belajar dianalisis dengan uji t. hasil penelitian (1) motivasi belajar berbeda secara signifikan antara peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran video dengan peserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan nilai p=0,000 < 0,05, (2) hasil belajar berbeda secara signifikan antara peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan media video dengan peserta didik yang tidak menggunakan media video dengan nilai p=0,000 < 0,05. dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara motivasi dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media video sebagai sumber belajar dengan peserta didik yang tidak menggunakan media video pada materi sistem gerak pada mansia. kata kunci: media video, sistem gerak pada manusia, motivasi, hasil

Tulisan yang relevan

PENGARUH MEDIA PREZI TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (OCEAN APRILLIA, 2019) ,

ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID DI SMAN 1 PEUKAN BADA (Meri Hardina, 2019) ,

PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Zulfa Fatma, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi