AFFILINDA. KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Kompetensi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesional guru pada smp negeri 2 peukan bada oleh : affilinda npm: 1509200050065 komisi pembimbing: 1. dr. khairuddin, m. pd. 2. dr. sakdiah ibrahim, m. pd. abstrak kepala sekolah sebagai supervisor berperan aktif dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di sekolahnya. supervisi merupakan pelayanan yang disediakan oleh pemimpin untuk membantu guru-guru agar menjadi guru yang cakap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program supervisi, pelaksanaan supervisi dan hambatan yang dihadapi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesional guru smp negeri 2 peukan bada kabupaten aceh besar. penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi, obserasi dan

Baca Juga : STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANRNKOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SMA NEGERI 1RNPEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Zulkifli, 2014) ,

Baca Juga : KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Syukurdi M, 2015) ,

ara. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) program supervisi yang disusun oleh kepala sekolah melibatkan tim pengembang kurikulum dan guru lainnya. program yang disusun adalah lanjutan tahun sebelumnya yang belum tercapai; (2) dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah dan guru membuat kesepakatan hal apa saja yang diprioritaskan pada saat supervisi berlangsung, seperti penggunaan media, perancangan bahan ajar dan pengelolaan kelas; dan (3) hambatan-hambatan pelaksanaan supervisi kepala sekolah sering terjadi karena jadwal yang telah ditentukan sebelumnya berbentur dalam waktu yang bersamaan dengan rapat kedinasan, pelatihan-pelatihan dan kegiatan lainnya. hasil supervisi merupakan landasan bagi kepala sekolah dalam melakukan pembinaan dan pengembangan profesional guru. pengembangan melalui mgmp, workshop serta pelatihan lainnya di lakukan sesuai kebutuhan guru itu sendiri. kata kunci : supervisi, kepala sekolah dan profesional

Tulisan yang relevan

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SD NEGERI 13 KOTA BANDA ACEH (KHATIJAH, 2018) ,

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA RNSD NEGERI 2 BANDA ACEH (AIDA IRWANA, 2015) ,

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH (IRAWATI, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi