Cut Masturi. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak salah satu tujuan pembelajaran matematika menurut nctm adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. kemampuan pemecahan masalah matematis diperlukan untuk menyelesaikan masalah matematika yang bersifat non-rutin. aspeks psikologis yang turut memberi pengaruh terhadap keberhasilan dalam menyelesaikan tugas atau soal dengan baik salah satunya adalah self-efficacy. fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah, dibuktikan dari hasil timss dan pisa masih jauh dari yang diharapkan. salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yaitu menerapkan model problem based learning. pembelajaran melalui model problem based learning dapat membantu siswa melatih dirinya memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dan meningkatkan self-efficay siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan

Baca Juga : KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (ANDRIANI, 2018) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Zia Anjelina, 2021) ,

-efficacy siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan model problem based learning. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain pre-test post-tes control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vii smp negeri 10 banda aceh, sedangkan sampel penelitian yaitu siswa kelas vii2 sebagai kelas ekperimen dan siswa kelas vii3 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara random sampling. instrumen penelitian terdiri atas tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t. hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model problem based learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, self-efficacy, model problem based

Tulisan yang relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI) (Rahmad Fitra, 2018) ,

PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (SITI RAHMAH, 2019) ,

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MTS MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (susanti, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi