Rahmi Yulis. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak kata kunci : pembelajaran kooperatif tipe talking stick, hasil belajar, aktivitas siswa, tanggapan siswa, hukum dasar kimia telah dilakukan penelitian “penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi hukum dasar kimia kelas x sma negeri 1 krueng barona jaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick. populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas x sma negeri 1 krueng barona jaya aceh besar. jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas x mia4 yang berjumlah 15 orang, terdiri dari 7 orang siswa lelaki dan 8 orang siswa perempuan. metode pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, observasi, dan angket melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick. hasil tes, observasi, dan angket diolah dengan menggunakan rumus persentase. hasil

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (NURRIZQA, 2021) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI MINYAK BUMI PADA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sri Ninta Br Sinulingga, 2014) ,

lajar siswa mencapai 80%. persentase aktifitas siswa pada pertemuan pertama diperoleh 96,2%, dan pada pertemuan kedua 92,4%. persentase siswa yang memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick sebesar 85,9%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat menuntaskan pembelajaran secara klasikal pada materi hukum dasar kimia. aktifitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan pertama dan terjadinya penurunan pada pertemuan kedua disebabkan kurangnya waktu. tanggapan siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe talking stick adalah positif sehingga disarankan untuk dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dengan materi yang

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 LAWE SIGALAGALA ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2012-2013 (lebe berkat, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DI KELAS XI MAN DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Misbahul Jannah, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI KEPADATAN POPULASI UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MEUREUDU KEBUPATEN PIDIE JAYA (NURJANNAH, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi