Ikhsan. STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DALAM PEMBENTUKAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 1KUTA BARO ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak skripsi ini berjudul “strategi komunikasi interpersonal guru pendidikan kewarganegaraan (pkn) dalam pembentukan moral siswa di smp negeri 1 kuta baro aceh besar.” masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan di dalam proses belajar mengajar dan faktor apa saja yang menjadi kendala guru pkn dalam membentuk moral siswanya. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal seperti apa yang diterapkan guru pkn untuk membentuk moral siswanya. penelitian ini menggunakan teori komunikasi interpersonal dengan menggunakan pendekatan interaksi sosial. metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. objek dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi interpersonal guru dalam pembentukan moral siswa. sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah guru pkn dan siswa di smp negeri 1 kuta baro aceh besar. teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan wawancara,

Baca Juga : KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PEMBINAAN MORAL REMAJA DI SEKOLAH (STUDI TERHADAP GURU DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 8 DARUSSALAM BANDA ACEH) (Fahmi Ramadhan, 2018) ,

Baca Juga : MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI I KUTA BARO ACEH BESAR (Rita Zahara, 2020) ,

rvasi dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh guru pkn yaitu dengan komunikasi tatap muka dengan cara memanggil siswa yang bersangkutan. siswa yang dimaksud seperti yang melanggar peraturan sekolah, berkata kasar, dan berperilaku tidak bermoral lainnya. guru pkn juga menggunakan komunikasi secara verbal dan non-verbal dengan baik, serta menerapkan komunikasi interpersonal yang efektif berupa perencanaan dan manajemen yang baik seperti persiapan tema yang menarik, suasana kelas yang nyaman, proses belajar yang menyenangkan dan sebagainya. adapun kendala yang dihadapi adalah bahasa, dimana beberapa siswa masih susah memahami pesan yang disampaikan guru dengan bahasa indonesia karena pada umumnya mereka masih terbiasa dengan bahasa aceh. kata kunci: strategi komunikasi interpersonal, guru dan siswa,

Tulisan yang relevan

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUTAR ACEH SINGKIL (Lukman, 2018) ,

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR PENGURUS OSIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Rintang Berutu, 2020) ,

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA (zulfadli, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi