Arief Fadilla Azka. PERANAN MAJELIS PERMUSYAWARATAN KELAS DALAM PENGAWASAN KINERJA OSIS DI SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (SUATU PENELITIAN DI SMA NEGERI 1, 3, DAN 4 KOTA BANDA ACEH). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak azka, arief, fadilla. 2017. peranan majelis permusyawaratan kelas dalam pengawasan kinerja osis di sma negeri di kota banda aceh. (suatu penelitian di sma negeri 1, 3, dan 4 kota banda aceh) skripsi, program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. saiful usman, s.pd ., m.si (2) erna hayati s.h., m.hum kata kunci: peranan, mpk, pengawasan, kinerja, osis penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya organisasi mpk di beberapa sekolah di kota banda aceh. mpk menjadi organisasi tertinggi di sekolah dan membawahi lembaga osis. kehadiran mpk bisa menjadi nuansa baru dalam dunia organisasi sekolah. rumusan masalah meliputi 1) bagaimana bentuk kegiatan mpk yang berkaitan dengan bentuk pengawasan kinerja osis di sma negeri di kota banda aceh. 2)apa saja dukungan dan hambatan mpk dalam melakukan pengawasan kinerja osis di sma negeri di kota banda aceh? tujuan penelitian ini

Baca Juga : PENGARUH SISTEM PEMBINAAN, KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KOMPETENSI PERSONIL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PERSONIL SATUAN YONIF R 112/DJ KODAM ISKANDAR MUDA (Parsaoran Sirait, 2020) ,

Baca Juga : STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR PENGURUS OSIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Rintang Berutu, 2020) ,

adalah 1) untuk mengetahui bentuk kegiatan mpk yang berkaitan dengan bentuk pengawasan kinerja osis di sma negeri di kota banda aceh. 2) untuk mengetahui dukungan dan hambatan majelis permusyawaratan kelas (mpk) dalam melakukan pengawasan kinerja osis di sma negeri di kota banda aceh. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik wawancara. pengambilan subjek dengan menggunakan purposive sampling. subjek penelitian berjumlah 15 orang dari pengurus mpk, osis, dan pembina osis dan mpk. hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk kegiatan mpk dalam mengawasi kinerja osis diimplementasikan bentuk pengawasan awal: hadir dalam rapat yang diadakan oleh osis bentuk pengawasan proses digunakan strategi terjun ke lapangan memantau, sedangkan pengawasan akhir: diakhir kepengurusan diadakan lpj oleh pengurus osis dihadapan mpk. 2) dukungan siswa masih sangat minim, bantuan, dari guru hanya dalam bentuk nasihat dan saran, dari kepala sekolah sudah mendelegasikan kepada pembina osis dan mpk. hambatan yang dihadapi sikap tidak peduli dari pengurus mpk yang menjadi perwakilan kelas, selanjutnya sikap beberapa senior di sekolah yang mendikte pengurus mpk. ada nya beberapa pengurus osis yang menggangap mpk merupakan organisasi yang berupaya menjatuhkan para pengurus osis dengan cara yang tidak etis. disarankan 1) kepada pengurus mpk dapat meningkatkan kompetensinya dalam berorganisasi. 2) kepada kemendikbud agar mengeluarkan regulasi resmi dan terbaru kepada mpk agar bisa menjadi organisasi resmi di sekolah seperti osis. 3. kepada dinas pendidikan aceh agar memberdayakan mpk dengan melakukan sosialisasi kepada setiap sekolah menengah di aceh agar memiliki mpk di

Tulisan yang relevan

PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI, IKLIM ORGANISASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (IBNU SALDA, 2019) ,

PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN PENGAWASAN INTERNAL TERHADAP KINERJA BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT (STUDI EMPIRIS PADA BKM KOTA BANDA ACEH) (Tursaman, 2017) ,

PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT, KAPASITAS APARATUR GAMPONG DAN PENGAWASAN BADAN PERMUSYAWARATAN GAMPONG TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN ALOKASI DANA GAMPONG (STUDI PADA KECAMATAN GEUMPANG, MANE, DAN TANGSE KABUPATEN PIDIE) (Rizky Ananda Sari, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi