KHALUKA AHSANA FITRI. STRATEGI SISWA MENYELESAIKAN SOAL PISA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak fitri, khaluka ahsana. 2017. strategi siswa menyelesaikan soal pisa melalui pendekatan realistic mathematics education di smp negeri 19 percontohan banda aceh. (1) dr. rahmah johar, m.pd. (2) dr. cut morina zubainur, m,pd. kata kunci : programme for international student assessment (pisa), pendekatan realitic mathematics education (rme), strategi penyelesaian masalah. programme for international student assessment (pisa) merupakan suatu kompetisi yang mengukur literasi siswa berusia 15 tahun terhadap permaslahan nyata yang diberikan. penelitian menunjukkan bahwa di tahun 2000, 2003, 2006, 2009, dan 2012 indonesia selalu menempati rangking bawah. pendekatan realistic mathematics education merupakan pendekatan yang menggunakan masalah kehidupan sehari-hari siswa sebagai poin utama. penyelesaian masalah nyata dapat dilakukan dengan tepat menggunakan strategi yang tepat pula. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi siswa yang digunakan dalam

Baca Juga : KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DALAM MENGGAMBAR BANGUN RUANG MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD KOTA BANDA ACEH (Nina Helmira, 2015) ,

Baca Juga : STRATEGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PISA DI KIM HONG SECONDARY SCHOOL, VIETNAM (Hanifah Nurhayati, 2020) ,

n sola pisa setelah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan rme.subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii-1 smp negeri 19 percontohan banda aceh. metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan instrumen proses belajar mengajar, tes, dan wawancara. dari tujuh strategi yang dikemukakan oleh reys, tidak ada siswa smp negeri 19 percontohan banda aceh yang dapat menyelsaikan masalah pada konten space and shape. konten change and relationship diselesaikan siswa menggunakan strategi mencari pola sebanyak 7 siswa, sedangkan sebanyak 3 siswa menyelesaikan dengan membuat gambar atau diagram, dan terdapat 19 siswa tidak menuliskan jawaban. soal pisa konten uncertainty and data diselesaikan oleh siswa dengan menggunakan strategi mencari pola oleh 4 siswa dan juga 4 siswa dengan menebak dan menguji, sedangkan untuk bekerja mundur 3 siswa dan 18 siswa tidak menjawab soal. soal pisa konten quantity diselesaikan dengan strategi membuat gambar atau diagram oleh 3 siswa sedangkan yang tidak menuliskan jawaban sebanyak 26 siswa. secara umum, strategi yang digunakan siswa dalam menyelesaikan soal pisa untuk empat konten yaitu space and shape, change and relationsip, uncertainty and data, dan quantity berdasarkan tujuh strategi yang diungkapkan reys (2014) adalah strategi mencari pola oleh 11 siswa untuk keempat konten soal, diikuti oleh strategi membuat gambar/diagram oleh enam siswa, menebak dan menguji oleh empat siswa, dan bekerja mundur oleh tiga siswa.

Tulisan yang relevan

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DI KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH (DELISMA SIREGAR, 2019) ,

PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SOAL PEMECAHAN MASALAH BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 6 RSBI BANDA ACEH (Ulya Nabilla, 2014) ,

PENGEMBANGAN SOAL SETARA PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (T. MARWANDA, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi