Lia Fitria. KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak lia fitria (2017). kemampuan berpikir kritis dan metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui pendekatan problem solving. pengajaran matematika di jenjang sekolah menengah bertujuan agar siswa mampu berpikir kritis, logis dan sistematis. kemampuan berpikir kritis merupakan hal sangat penting bagi siswa guna menyelesaikan masalah matematika bersifat non-rutin. faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan siswa menyelesaikan masalah matematika adalah kesadarannya terhadap apa yang diketahui dan bagaimana menyelesaikannya yang dikenal dengan metakognisi. salah satu upaya untuk melatihkan metakognisi dan berpikir kritis secara bersamaan adalah dengan menerapkan pendekatan problem solving. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan metakognisi siswa yang diajarkan dengan pendekatan problem solving serta korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan metakognisi siswa. penelitian ini

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Mutia Fariha, 2013) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMPN 1 BANDA ACEH (RAUZATUL JANNAH, 2020) ,

kan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas viii_2 dan viii_3 di smp negeri 1 banda aceh. pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket metakognisi. data dianalisis menggunakan statistik uji-t dan uji korelasi. hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui pendekatan problem solving lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) metakognisi siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem solving lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional, 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara metakognisi siswa dengan kemampuan berpikir kritis. kata kunci: kemampuan berpikir kritis matematis, metakognisi, pendekatan problem

Tulisan yang relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Zulfiati, 2016) ,

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017) ,

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLRM BASED LEARNING DI SMP PKPU ACEH BESAR (Masitah, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi