FITRI HANDAYANI. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science, Tecnology, Engineering, and Mathematics (STEM) Pada Materi Hidrolisis Garam. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Penelitian yang berjudul “pengembangan lks berbasis stem pada materi hidrolisis garam” ini mengangkat masalah bagaimanakah langkah pengembangan lks berbasis stem pada materi hidrolisis garam dan bagaimana tanggapan mahasiswa kimia fkip unsyiah terhadap pengembangan lks tersebut, serta bagaimana aktivitas mahasiswa kimia fkip unsyiah selama proses pembelajaran menggunakan lks berbasis stem pada materi hidrolisis garam. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah pengembangan lks berbasis stem pada materi hidrolisis garam, mendeskripsikan tanggapan mahasiswa kimia fkip unsyiah terhadap pengembangan lks berbasis stem, dan mendeskripsikan aktivitas mahasiswa kimia fkip unsyiah selama proses pembelajaran menggunakan lks berbasis stem pada materi hidrolisis garam. populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kimia angkatan 2011 fkip unsyiah yang berjumlah 95 orang dan dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel 10 orang karena penelitian ini dilakukan hanya pada kelompok

Baca Juga : EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN SELF TUTORIAL BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI HIDROLISIS GARAM (Chairunnisak, 2016) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI INTEGRAL (Raudhatul Husna, 2021) ,

s. penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling. metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan pendekatan kualitatif. pengumpulan data dilakukan dengan teknik lisan, tulisan, dan pengamatan berupa wawancara, angket, lks, dan lembar observasi aktivitas mahasiswa. data yang diperoleh disajikan secara deskriptif dalam bentuk narasi. hasil analisis data menunjukkan bahwa pengembangan lks berbasis stem pada materi hidrolisis garam sudah efektif, tanggapan responden terhadap lks berbasis stem sangat baik, dan aktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung juga sangat baik dengan persentase mencapai 100%. disarankan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai uji coba pemakaian produk (lks berbasis stem pada materi hidrolisis garam) pada lingkup pendidikan di sekolah-sekolah dan direvisi kembali sehingga dapat diproduksi secara masal dan diharapkan dapat dilakukan penelitian dan pengembangan lks berbasis stem pada materi-materi yang lain. kata kunci : pengembangan, lks, stem, hidrolisis

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDROLISIS GARAM RNKELAS XI SMAN 2 BANDA ACEH (syarifah asyura, 2014) ,

PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Rahmatia Ulfa, 2019) ,

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM MELALUI PJBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL (RIZKI JULINA, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi