RAUDHATUL HUSNA. PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMK SMTI BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Kata kunci: pengaruh, self efficacy, hasil belajar matematika self efficacy merupakan keyakinan seseorang terhadap kemampuan diri untuk mengatur dan melaksanakan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah self efficacy. beberapa penelitian menunjukkan pendidik sering kali mengabaikan pentingnya self efficacy yang mengakibatkan aspek afektif ini kurang mendapat perhatian. untuk itu peneliti tertarik melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk: (1) melihat hubungan self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas x smk smti banda aceh; (2) mengetahui besar pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas x smk smti banda aceh. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x smk smti banda aceh tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 7 kelas, sedangkan yang menjadi sampel adalah 2 kelas, yaitu x-d dan x-e yang berjumlah 55 siswa. penentuan

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATISDAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIOEXCHANGE (RTE) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (Erna Isfayani, 2017) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (ANDRIANI, 2018) ,

el dilakukan secara random. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. pengumpulan data dilakukan melalui angket dan nilai hasil belajar matematika siswa materi eksponen dan logaritma yang diperoleh dari guru bidang studi matematika. pengolahan data menggunakan rumus korelasi product moment dan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas x smk smti banda aceh; (2) kontribusi self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas x smk smti banda aceh sebesar 0,53% sedangkan sisanya 99,47% dipengaruhi oleh faktor

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN SELF EFFICACY SISWA FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT (FARRAH MAULIDIA, 2019) ,

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA (Fajriati, 2017) ,

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi