PUTRI KUSUMA SARI. MOTIVASI BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar di antaranya adalah motivasi, motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku. motivasi sangat diperlukan dalam proses belajar. karena motivasi sangat menentukan tingkat berhasil atau gagalnya perbuatan belajar siswa, belajar tanpa adanya motivasi akan terasa sulit untk berhasil. seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar tidak akan melakukan aktivitas belajar. sehingga dapat dikatakan bahwa motivasi dan hasil belajar adalah dua hal yang saling mempengaruhi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa kelas vii smp negeri 15 banda aceh tahun ajaran 2016/2017. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vii di smp negeri 15 banda aceh, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini

Baca Juga : MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN NUMERIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANGGENG, ABDYA TAHUN 2016/2017 (REZAWATIMAR, 2017) ,

dalah siswa kelas vii-1 sebanyak 28 siswa. pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket dan tes. untuk mengumpulkan data motivasi maka dilakukan pengedaran angket dengan jumlah butir angket sebanyak 20 pernyataan, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari nilai hasil tes, dimana tes tersebut memuat 30 butir soal pilihan ganda. berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa hubungan antara motivasi dan hasil belajar tergolong kuat. hal ini terlihat pada hasil perhitungan korelasi, yaitu r = 0,67 dan hipotesis yang diuji dengan taraf siginifikan ?=0,05 dan dk = 28 2 = 26. sehingga didapat t_hitung>t_tabel, yaitu 4,604 > 1,71. dengan demikian h_0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas vii smp negeri 15 banda aceh tahun ajaran 2016/2017. hasil perhitungan korelasi tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas vii smp negeri 15 banda aceh tahun ajaran 2016/2017. kata kunci: belajar, motivasi, hasil

Tulisan yang relevan

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Kartika Sarah, 2015) ,

MOTIVASI BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PKPU ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2018/2019 (Rahmah, 2019) ,

HUBUNGAN MULTIPLE INTELLIGENCE DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Aulia Fitri, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi