RITA JULITA. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DI SMP NEGERI 12 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran example non example penelitian ini berjudul “peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran seni budaya menggunakan model example non example di smp negeri 12 banda aceh” mengangkat masalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran materi ragam hias pada benda keras dengan model pembelajaran example non example di kelas viii smp negeri 12 banda aceh dan bagaimana perbandingan hasil belajar materi ragam hias pada benda keras sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran example non example di kelas viii smp negeri 12 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran materi ragam hias pada benda keras dengan model pembelajaran example non example di kelas viii smp negeri 12 banda aceh dan mendeskripsikan perbandingan hasil belajar materi ragam hias pada benda keras sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran example non example di kelas viii smp negeri 12 banda aceh. pendekatan yang

Baca Juga : PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS X SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH (hasnidar, 2016) ,

Baca Juga : PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 PEUREULAK, KABUPATEN ACEH TIMUR (Masriana, 2016) ,

kan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes (tulis) dan dokumentasi. hasil belajar siswa menunjukan adanya perubahan yang signifikan sesudah menggunakan model pembelajaran example non example terbukti 83,33% sudah mencapai kkm. hasil pelaksanaan pembelajaran materi ragam hias pada benda keras menggunakan model pembelajaran example non example terlihat siswa lebih bersemangat, aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran example non example. sedangkan hasil belajar siswa menunjukan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran example non example yaitu, dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model diperoleh x ? = 71,5 dengan standar deviasi s = 9,86 yang nilai rata-ratanya masih di bawah kkm. sedangkan sesudah menggunakan model pembelajaran example non example diperoleh x ? = 89 dengan standar deviasi s = 10,27. jika dilihat dari nilai rata-rata tersebut, maka nilai sudah berada di atas kkm yaitu ?80.

Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA BOARDING DAN NONBOARDING DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Habibullah, 2017) ,

PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA KELAS INTI DAN KELAS REGULAR TINGKAT IX DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Siti Hardiyanti, 2015) ,

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH (PUTRI MAURINA SARI, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi