Nurul Fitriana. PENERAPAN EKSPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN 1 ACEH SELATAN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak nurul, fitriana. 2017. penerapan eksploratory discovery untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati di man 1 aceh selatan. skripsi, pendidikan biologi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. khairil, m.si (2) dr. andi ulfa tenri pada, m.pd. kata kunci: eksploratory discovery, hasil belajar, dan keterampilan proses sains. salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains adalah menggunakan model pembelajaran bertipe eksploratory discovery. penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains di kelas x man 1 aceh selatan. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, berupa true experimental design dengan metode control group pre-test-post-test. hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-gain hasil belajar kelas eksperimen adalah 65,16 dan kontrol 30,45. penerapan model

Baca Juga : PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Kamalliansyah Walil, 2019) ,

Baca Juga : PENGARUH PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kamalia Riska, 2017) ,

eksploratory discovery juga telah mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen. rata-rata besarnya peningkatan yang terjadi adalah sebesar 11,44%. hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran eksploratory discovery dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa.

Tulisan yang relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018) ,

“PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN DAN KETRAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI MAN KABUPATEN BIREUEN” (Putri Liana, 2018) ,

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH TGK. CHIK OEMAR DIYAN ACEH BESAR (Desi Heryani SZ, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi