Muhammad Nur. PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (SUATU STUDY PADA SISWA KELAS VIII IPS SMP NEGERI 1 BANDA ACEH). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak muhammad nur. 2017. pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar pada mata pelajaran (suatu study pada siswa kelas viii ips smp negeri 1 banda aceh). skripsi, jurusan pendidikan ekonomi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing 1. dra.ruaida,m.si 2. nana suraiya, s.pd. m.pd kata kunci : pengaruh ekstrakurikuler, hasil belajar siswa penelitian ini berjudul “pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar pada mata pelajaran (suatu study pada siswa kelas viii ips smp negeri 1 banda aceh). tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebermanfaatan siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pembelajaran ips yang dilihat dari aspek kognitif, untuk melihat pengaruh ekstrakurikuler terhadap hasil belajar siswa. jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa

Baca Juga : PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Ellysa Putri, 2021) ,

Baca Juga : PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Novita Sari, 2013) ,

elas viii smp negeri 1 banda aceh dengan jumlah keseluruhan 258 siswa. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan penarikan siswa sebanyak 160 siswa dengan perwakilan 20 siswa dimasing-masing kelas. teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, dokumentasi, dan angket. teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi person antara kegiatan eksrakurikuler dengan nilai raport adalah -0,071 dan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,372. taraf signifikansi yang digunakan adalah (?=0,05). karena nilai korelasi sebesar -0,071 keeratan hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler sangat kecil sekali, sehingga untuk menghitung pengaruh penelitian tidak dilanjutkan dengan analis regresi, maka peneliti dapat menyimpulkan tidak ada pengaruh signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ips siswa di smp negeri 1 banda

Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 DAN SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013 (aja syarifah ridhka, 2014) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DAN IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR (SURYATI, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Mika Rona Adilla, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi