YUNITA FITRI. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN STRATEGI DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAKENGON. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak kata kunci: pembelajaran kooperatif, model pembelajaran kooperatif tipe make a match, strategi pembelajaran domino, prestasi belajar. telah dilakukan penelitian yang berjudul “pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan strategi domino terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas x sma negeri 1 takengon”. penelitian ini mengangkat masalah bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan strategi domino terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas x sma negeri 1 takengon. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan strategi domino terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas x sma negeri 1 takengon. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa x ipa sma negeri 1 takengon. sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas x ipa 1 sebagai kelas

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Fahnita Mulia P, 2016) ,

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN STRATEGI TRUE OR FALSE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (YUNITA SAFITRI, 2019) ,

en dan siswa kelas x ipa 3 sebagai kelas kontrol. pengumpulan data dilakukan dengan tes. teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik dengan uji validitas dan reliabilitas. selanjutnya untuk mengetahui kedua kelompok sampel homogen atau tidak, masing-masing di uji normalitas dan homogenitas, jika data tersebut berdistribusi normal dan homogen maka uji-t dapat digunakan. hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (72:61). hasil validitas diperoleh sejumlah 21 butir pertanyaan yang dinyatakan valid. uji reliabilitas menggunakan nilai cronbach’s alpha dengan pengujian yaitu jika rhitung > rtabel dan sebaliknya n: 37 atau df: n-2 = 35: rtabel: 0.274, jadi 0.665 > 0.274, dapat dikatakan bahwa pertanyaan yang diujikan kepada siswa dalam kategori reliabel moderat. uji normalitas berdasarkan hasil output dengan nilai signifikansi sebesar 0,150 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang diambil berdistribusi normal. uji homogenitas menggunakan tes anova dengan nilai 0.614 > 0,05, maka data yang diambil adalah data yang sama dalam satu varian. berdasarkan pengujian statistik dinyatakan bahwa ada perbedaan nilai antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, karena nilai p-value= 0,00 < 0,05 terima ho yang artinya ada perbedaan signifikan rata-rata antara kedua

Tulisan yang relevan

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARRNIPS KELAS VII-4 SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDARNKABUPATEN ACEH TAMIANG (RAHIMAH, 2014) ,

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI LAMPEUNERUT ACEH BESAR (Cut Ati Rahmah, 2015) ,

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE MAKE A MATCH DENGAN METODE FLASH CARD DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH. (Susiani, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi