Cici Prastika. KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN ARITMATTIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP METHODIST BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak prastika, cici. 2017. kemampuan komunikasi matematis siswa melalui strategi thinking aloud pair problem solving pada pembelajaran aritmatika sosial di kelas vii smp methodist banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan matematika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. rahmah johar s. pd., m. pd (2) suhartati, s. pd., m. pd kata kunci: thinking aloud pair problem solving, strategi pembelajaran, komunikasi matematis kebanyakan siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yang memiliki tingkat kesulitan sedang hingga sulit. hal ini disebabkan karena siswa terbiasa mendapatkan soal matematika berupa aplikasi rumus yang sederhana dan belum terbiasa dalam menyelesaikan soal matematika yang membutuhkan pemikiran yang lebih mendalam. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah selama pembelajaran berlangsung dengan strategi thinking aloud pair problem

Baca Juga : KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) DI SMPN 1 KUTA BARO (GIZELLA GHAISANI, 2019) ,

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017) ,

lving dan tes pada materi aritmatika sosial di kelas vii smp methodist banda aceh. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdistribusi dalam 2 kelompok, yaitu kelompok 1 dan 2 dikelas viib smp methodist banda aceh semester genap tahun pelajaran 2016/2017. siswa dipilih berdasarkan kemampuan tinggi dan sedang dalam pembelajaran matematika sehari-hari di mana mereka juga memiliki ketertarikan terhadap matematika. data penelitian dijaring melalui observasi, wawancara dan tes. analisis data dilakukan secara deskriptif, sedangkan data hasil tes kemampuan komunikasi matematis akan dinilai berdasarkan pedoman penilaian kemampuan komunikasi matematis dan dihitung skor akhir siswa yang dikonversikan ke dalam skala 0-100 untuk menentukan kriteria kemampuan siswa. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dari subjek kelas viib smp methodist banda aceh dalam menyelesaikan masalah melalui strategi thinking aloud pair problem solving pada lks 1 tergolong baik dan pada lks 2 tergolong kurang. selain itu, dua subjek penelitian memiliki hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang baik. sedangkan 2 subjek penelitian lainnya memiliki hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang cukup. kemudian untuk rata-rata kelas diperoleh hasil tes dengan nilai 63,01 di mana nilai tersebut termasuk dalam kategori cukup dalam berkomunikasi

Tulisan yang relevan

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Hesti Arianti, 2018) ,

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI STRATEGI THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS VIII MTSN 4 BANDA ACEH (PUTRI ADI LESTARI, 2018) ,

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (HUSNA, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi