Sayuti Malik. IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN DAMAI PADA SMA DI ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Program pendidikan damai merupakan kurikulum extra kurikuler yang coba di implementasikan pada sma di kabupaten aceh besar dan daerah-darah lain di aceh, dengan program ini diharapkan siswa sma bisa menjadi agen perdamaian di masa yang akan datang. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pendidikan damai di sekolah. subjek penelitian ini adalah guru pengajar materi program pendidikan damai, kepala sekolah dan fasilitator ppd. penelitian ini dilakukan melalui metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di tiga sma yang di teliti melakukan persiapan dan penguasaan materi sebelum melakukan proses pembelajaran. adapun materi yang dipelajari adalah silabus yang telah ditrainingkan oleh ppd kepada para guru di masing-masing sekolah. pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan metode atau pendekatan yang bervariasi yang

Baca Juga : IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN DAMAI PADA SMA DI ACEH BESAR (Sayuti Malik, 2017) ,

Baca Juga : A CONTENT ANALYSIS OF ENGLISH ON SKY BOOK FOR SECOND GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL (Muhammad Qadri, 2014) ,

isesuaikan dengan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa dan keadaan kelas. evaluasi pelaksanaan program pendidikan damai ini tidak terpaku hanya pada pelaksanaan ujian tulis akan tetapi porsi yang lebih besar pada perubahan sikaf siswa sehari-hari dan keaktifan mereka dalam mengikuti pelajaran di kelas. namun masih terdapat banyak kekurangan karena program ini bukanlah kurikulum nasional yang selalu dipantau penerapannya secara nasional serta di up grade kemampuan gurunya, akan tetapi kurikulum ini adalah kurikulum extre kurikuler yang masih di uji cobakan penerapannya pada sma. minimnya pelaksanaan training yang diterima oleh para guru menjadi kendala tersendiri dalam menjamin terlaksananya pembelajaran program ini secara berkelanjutan. kata kunci : implementasi program dan pendidikan

Tulisan yang relevan

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING READING COMPREHENSION UNDER THE 2013 CURRICULUM(A QUALITATIVE STUDY AT SMPN 18 B. ACEH) (Isniati, 2015) ,

TEACHERSí PERCEPTIONS ON ENGLISH LESSON PLAN IN KTSP AND 2013 CURRICULUM (A CASE STUDY AT SMAN 1 BANDA ACEH) (Tri Sulisdawati, 2017) ,

INVESTIGATING ENGLISH TEACHER'S ROLE IN TEACHING LEARNING PROCESS IN 2013 CURRICULUM (A QUALITATIVE RESEARCH AT SMPN 1 BANDA ACEH) (KHALISA AMILA, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi