Cut Nurul Wazna. PENERAPAN TEKNIK SENI BERPIKIR KREATIF TERATAI MEKAR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Kata kunci : kreativitas, ide, teknik seni berpikir teratai mekar kreativitas seseorang berbeda-beda, namun kreativitas bukanlah murni sifat bawaan dalam diri melainkan dapat dipupuk salah satunya dengan teknik seni berpikir teratai mekar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kreativitas dalam menemukan ide sebagai tema penelitian antara kelompok yang diberikan treatment teratai mekar dan kelompok yang tidak diberi treatment. metode yang digunakan adalah quasi experimental research dengan pre-test dan post-test group design. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket berskala. teknik analisis data dengan sign test. populasinya adalah semester 6 di program studi bimbingan dan konseling fkip universitas syiah kuala. sebanyak 20 mahasiswa dipilih secara random untuk dijadikan sampel dan dibagikan ke dalam dua kelompok berbeda, yakni kelompok perlakuan dan kelompok pembanding. berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMA (YUVERNI SELVY, 2018) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKANRNKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA (siska sucirahayu, 2015) ,

an skor antara kelompok perlakuan dengan kelompok pembanding. kelompok perlakuan mengalami peningkatan nilai rata-rata (mean) lebih besar dibandingkan kelompok pembanding, yaitu 64.9? 49.1. dengan melihat tabel binominal n=10 dan p=0.05, probabilitas untuk x?10 adalah 0.000. karena 0.000 lebih kecil dari 0.05 dan w=58, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas yang signifikan antara kelompok yang menggunakan teknik seni berpikir teratai mekar dibandingkan kelompok yang tidak menggunakan teknik seni berpikir teratai

Tulisan yang relevan

UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER (Isnaini, 2017) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN (RAHMI, 2014) ,

TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN DAN PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI TIPE SOAL OPEN ENDED DI SMP (Rahmawati, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi