Dewi Wahyuni. PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SMP NEGERI 2 INDRAPURI. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak dewi wahyuni. 2017. persepsi siswa terhadap proses pembelajaran ips terpadu pada smp negeri 2 indrapuri. skripsi, program studi pendidikan ekonomi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing (1) dra. musfiana, mm (2) dr.amiruddin,m.si kata kunci : persepsi siswa, komponen pengajaran dan proses pembelajaran ips terpadu penelitian ini berjudul “persepsi siswa terhadap proses pembelajaran ips terpadu pada smp negeri 2 indrapuri”. persepsi memiliki peranan penting dalam perkembangan berfikir siswa, karena berhubungan dengan pesan atau informasi yang termasuk kedalam otak manusia, melalui persepsi manusia terus menerus mengadakan hubungan dengan lingkungannya, dan hubungan ini dilakukan lewat indera penglihatan, indera pendengaran, indera peraba dan indera perasa. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap proses pembelajaran ips terpadu pada smp negeri 2 indrapuri. siswa akan melihat atau menilai beberapa

Baca Juga : PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMPN 11 BANDA ACEH (Wardatun Faidha, 2017) ,

Baca Juga : PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (ZALEKHA, 2014) ,

fat dari komponen pengajaran yang akan menjadi suatu proses pembelajaran antara lain : tujuan pendidikan, peserta didik itu sendiri, pendidik/guru, bahan atau materi pelajaran, pendekatan atau metode pembelajaran, alat atau media pembelajaran, sumber belajar dan evaluasi pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi siswa terhadap proses pembelajaran ips terpadu. manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan tambahan serta evaluasi untuk mengoptimalkan motivasi dalam proses pembelajaran ips terpadu. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif, untuk prosedur pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik yaitu : penyebaran angket dan dokumentasi. sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 siswa (total sampel). data diolah dengan menggunakan rumus persentase (%). hasil penelitian ini menunujukkan persepsi siswa terhadap proses pembelajaran ips terpadu pada indikator kegiatan prapembelajaran dikategorikan baik dengan skor rata-rata 3,24, pada kegiatan inti keseleuruhan dikategorikan cukup dengan skor rata-rata 2,80 dan yang terakhir pada kegiatan penutup dikategorikan cukup dengan skor rata-rata 2,92. jadi kesimpulan yang dapat diambil dari uraian diatas bahwa persepsi siswa terhadap proses pembelajaran ips terpadu pada smp negeri 2 indrapuri memiliki skor rata-rata 2,98 dengan kriteria cukup. maka ada beberapa indikator yang harus diperbaiki dalam melaksanakan proses pembelajaran ips terpadu untuk menunjang dan meningkatkan hasil belajar siswa smp negeri 2

Tulisan yang relevan

PERSEPSI MASYARAKAT INDRAPURI TERHADAP PENINGGALAN SITUS SEJARAH MESJID TUHA INDRAPURI (Riskiana , 2016) ,

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Dewi Hayati, 2016) ,

PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA N 3 TAKENGON KAB. ACEH TENGAH (Suli Paulina, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi