NURHAYANI. KREATIFITAS GURU MENGGUNAKAN METODE DAN MEDIA DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) MODEL MEULABOH 1 JOHAN PAHLAWAN MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci : kreatifitas guru, metode dan media, aktifitas dan motivasi siswa penelitian ini mengkaji tentang kreatiditas guru menggunakan metode dan media dalam meningkatkan aktifitas dan motivasi siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (pkn) di madrasah tsanawiyah (mts) johan pahlawan meulaboh kabupaten aceh barat. rumusan masalah : (1) bagaimana kretifitas guru menggunakan metode dan media pembelajaran dalam meningkatkan aktifitas dan motivasi belajar siswa, (2) apa kendala guru dalam menggunakan metode dan media pembelajaran dalam meningkatkan aktifitas dan motivasi belajar siswa, (3) apa upaya guru mengatasi kendala menggunakan metode dan media pembelajaran dalam meningkatkan aktifitas dan motivasi belajar siswa. tujuan penelitian : (1) mengetahui kreatifitas guru menggunakan metode dan media pembelajaran dalam meningkatkan aktifitas dan motivasi belajar siswa, (2) mengetahui kendala guru dalam menggunakan metode dan media pembelajaran dalam meningkatkan

Baca Juga : EVALUASI KEMAMPUAN LEMPAR CAKRAM PADA PELAJAR SMP NEGERI 1 MEULABOH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ANHAR, 2015) ,

Baca Juga : UPAYA GURU DALAM MEMBINA AKHLAK MULIA SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 MEULABOH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (AMATAN HAYYU, 2018) ,

fitas dan motivasi belajar siswa, dan (3) mengetahui upaya guru menggunakan metode dan media pembelajaran dalam meningkatkan aktifitas dan motivasi belajar siswa. metode penelitian : penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. penelitian ini dilaksanakan di madrasah tsanawiyah negeri model meulaboh 1. subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan kewarganegaraan (pkn) pada madrasah tsanawiyah negeri meulaboh 1 yang berjumlah 4 orang. untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan instrument wawancara, dan setelah data terkumpul melalui wawancara langsung dengan informan, selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. hasil penelitian : (1) ada kretifitas guru dalam menggunakan metode dan media dalam proses pembelajaran, (2) ada kendala dalam penggunaan metode dan media dalam proses pembelajaran, dan (3) ada upaya guru mengatasi kendala penggunaan metode dan media pembelajaran. kesimpulan : (1) guru selalu kreatif dalam menggunakan metode dan media dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (pkn) untuk mengoptimalkan kegiatan belajar mengajarnya, (2) guru ada menghadapi kendala dalam menggunakan metide dan media dalam proses pembelajaran baik yang berupa internal maupun eksternal, akan tetapi pada umumnya kendala tersebut bersifat eksternal seperti keterbatasan sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran, dan (3) guru selalu berusaha mengatasi kendala penggunaan metode dan media pembelajaran tersebut dengan mengikuti berbagai pelatihan dan saling bekerjasama dengan guru-guru lainnya. saran : (1) kepada pihak sekolah dan instansi terkait lainnya diharapkan agar dapat melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang lebih efektif dan (2) kepada guru diharapkan agar dapat lebih kreatif dalam menggunakan metode dan media pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan aktifitas belajar

Tulisan yang relevan

HAMBATAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENCAK SILAT PADA SMP NEGERI SE-KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (MUSLIM, 2014) ,

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ASPEK MENULIS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MEULABOH (Fittriyani, 2021) ,

KECENDERUNGAN MASYARAKAT MENYEKOLAHKAN RNANAK PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) RNMANGGENG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Diani, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi