Novi Marliani. PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ĎAMAL. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Novi marliani. 2016. pengaruh model science, technology, society, environment berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan hasil belajar siswa, pada materi pencemaran lingkungan di mas jeumala amal pembimbing i dr. hasanuddin, m.si,. pembimbing ii dr.cut nurmaliah, m.pd. abstrak penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran science, technology, society, environment berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan hasil belajar siswa, pada materi pencemaran lingkungan di mas jeumala amal. pengambilan data dilakukan pada april 2016. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control design. penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu x-ipa 1 sebagai kelas eksperimen dan x-ipa 4 sebagai kelas kontrol. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan berpikir kritis berupa soal berbentuk

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 INDRAPURI ACEH BESAR (Nafisah Hanim, 2015) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM DI SMK KESEHATAN ASSYIFA SCHOOL BANDA ACEH (Erlina, 2017) ,

, lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains, dan tes berupa pilihan ganda untuk menilai hasil belajar siswa. analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan spss 16.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. hasil uji- t keterampilan berpikir kritis menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel (3,711 > 2,00). untuk keterampilan proses sains katagori pencapaian siswa adalah katagori baik dan sangat baik. sedangakan hasil uji- t hasil belajar adalah t_hitung > t_tabel (3,37 > 2,00). simpulan terdapat pengaruh model pembelajaran science, technology, society, environment berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di mas jeumala amal. kata kunci: stse, keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, hasil belajar siswa, pencemaran

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Nela Yuliana, 2016) ,

PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Kamalliansyah Walil, 2019) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI BERBASIS MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PLANTAE DI MAN KABUPATEN BIREUEN (NURHAYATI, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi