Desi Santi Riyana. ANALISIS BULLWHIP EFFECT PADA RANTAI PASOK DI PT BINA USAHA PRATAMA. Banda Aceh : Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Distribusi merupakan aktivitas utama bagi perusahaan distributor. sebagai distributor sangat bergantung dengan jumlah persediaan atau stok barang yang akan disalurkan ke pelanggan. untuk menciptakan suatu pelayanan yang diharapkan maka diperlukan koordinasi antara semua pihak dalam supply chain. kurangnya koordinasi dapat menimbulkan kesalahan informasi yang dapat menyebabkan variasi permintaan. pendistribusian produk merupakan salah satu permasalahan yang terdapat pada pt bina usaha pratama dikarenakan dalam pendistribusian produk sering terjadi simpangan yang jauh antara persediaan dengan permintaan atau yang disebut dengan bullwhip effect. pt bina usaha pratama merupakan perusahaan distribusi produk fmcg yang mendistribusikan produk-produk unilever untuk wilayah banda aceh dan sekitarnya. produk zwitsal dan rexona merupakan produk yang dipilih pada penelitian ini, karena produk tersebut sering terjadi kekurangan persediaan. adapun tujuan penelitian ini untuk mengukur nilai bullwhip

Baca Juga : ANALISIS RANTAI PASOK DAN NILAI TAMBAH KOPI ARABIKA MITRA CV. ORO KOPI GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Arwinsyah Malik, 2019) ,

Baca Juga : ANALISIS KINERJA RANTAI PASOK IKAN CAKALANG PADA PT ACEH LAMPULO JAYA BAHARI (Naziratil Husna, 2020) ,

effect dan menentukan solusi untuk mengurangi bullwhip effect dengan penerapan konsep drp. drp merupakan metode untuk menangani pengadaan persediaan dalam suatu jaringan distribusi yang bertujuan untuk merencanakan panjadwalan aktivitas pendistribusian produk dengan biaya yang minimal dan jumlah yang optimal. hasil penelitian menunjukkan terjadinya bullwhip effect pada produk-produk tersebut. besarnya nilai bullwhip effect untuk produk zwitsal adalah 1,217 dan produk rexona adalah 1,241. kemudian produk zwitsal dan rexona dikonversikan ke family produk, selanjutnya peramalam dilakukan berdasarkan family produk. dengan menggunakan metode drp didapatkan nilai eoq untuk produk zwitsal dan rexona adalah 2.236 karton. sedangkan total biaya distribusi 24 periode ke depan (des 2016 mei 2017) untuk produk zwitsal dan rexona adalah rp 41.555.444. kata kunci: supply chain, distorsi informasi, persediaan, bullwhip effect, distribution requirement planning

Tulisan yang relevan

STRATEGI RANTAI PASOK UDANG VANAME PADA PT. ARYAZZKA INDOPUTRA KABUPATEN ACEH BESAR (Ilham Syahputra, 2018) ,

ANALISIS KINERJA RANTAI PASOK BERAS PADA KILANG PADI SKALA BESAR DI KABUPATEN BIREUEN (Naya Desparita, 2020) ,

ANALISIS RISIKO RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) BIJI KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) PADA USAHATANI KOPI DI DATARAN TINGGI GAYO (STUDI KASUS PADA CV. ORO KOPI GAYO DAN KSU SARA ATE) (ULFIATUS SOFIANA, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi