Rahmatillah. PEMBINAAN NILAI MORAL ANAK USIA SEKOLAH DALAM LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI DESKRIPTIF PADA IBU RUMAH TANGGA YANG BEKERJA DI RUMAH DAN IBU RUMAH TANGGA YANG BEKERJA DI LUAR RUMAH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak kata kunci : pembinaan nilai moral anak, ibu rumah tangga yang bekerja di rumah, ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah penelitian ini membahas tentang : pembinaan nilai moral anak usia sekolah dalam lingkungan keluarga (studi deskriptif pada ibu rumah tangga yang bekerja di rumah dan ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah). masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pola pembinaan nilai moral anak dalam keluarga pada ibu rumah tangga yang bekerja di rumah dan ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah (2) bagaimana upaya yang dilakukan untuk merealisasikan pola pembinaan nilai moral anak dalam keluarga (3) kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam merealisasikan pola pembinaan nilai moral dalam keluarga. tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pola pembinaan nilai moral anak dalam keluarga pada ibu rumah tangga yang bekerja di rumah dan ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah (2) untuk mengetahui bagaimana upaya

Baca Juga : DETERMINASI PEKERJA ANAK DI INDONESIA (Heri Sandra, 2020) ,

Baca Juga : KONTRIBUSI PENDAPATAN ANAK YANG BEKERJA DALAM PENINGKATAN EKONOMI RUMAH TANGGA DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Nanda Nora Faricha, 2020) ,

g dilakukan untuk merealisasikan pola pembinaan nilai moral anak dalam keluarga (3) untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam merealisasikan pola pembinaan nilai moral anak dalam keluarga. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam. lokasi penelitian di desa keutapang, kecamatan lhoksukon, kabupaten aceh utara. teknik analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi data. subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang ibu rumah tangga yang terdiri dari 15 ibu rumah tangga yang bekerja di rumah dan 15 ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pola pembinaan nilai moral pada anak yang diterapkan oleh ibu rumah tangga yang bekerja di rumah dan ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah adalah hampir semua menerapkan pola demokratis, hanya sedikit yang menerapkan pola otoriter sedangkan yang menerapkan pola laissez faire (kebebasan tanpa batas pada anak untuk berperilaku ) tidak ada. (2) upaya yang dilakukan dalam merealisasikan pola pembinaan nilai moral pada anak yaitu dengan mengajarkan anak cara bersikap kepada orang lain dan melarang anak untuk melakukan hal yang tidak wajar untuk dilakukan. perbedaannya yaitu ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah mengajarkan anak untuk tidak melawan guru disekolah, berperilaku baik kepada teman, belajar dengan rajin, sedangkan ibu rumah tangga yang bekerja di rumah hanya membiasakan anak untuk tidak melawan orang tua. (3) kendala yang sama-sama dihadapi oleh ibu rumah tangga yang bekerja di rumah dan ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah dalam membina nilai moral anak yaitu anak sibuk bermain dengan teman-temannya dan sulit mendengarkan nasehat ibunya. sedangkan perbedaannya adalah ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus anak karena sibuk bekerja sedangkan ibu rumah tangga yang bekerja di rumah memiliki banyak waktu untuk mendidik anaknya karena tidak

Tulisan yang relevan

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA BERDASARKAN PROPORSI PENGELUARAN PANGAN DAN KONSUMSI ENERGI (STUDI KASUS PADA RUMAH TANGGA PETANI PESERTA PROGRAM DESA MANDIRI PANGAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR) (KEUMALA FADHIELA, 2015) ,

STRATEGI NELAYAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS NELAYAN DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (Ainul Mardhiah , 2016) ,

DETERMINAN DAN PROBABILITAS STATUS KEMISKINAN RUMAH TANGGA DI PROVINSI ACEH (Hendri Achmad Hudori, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi