Lia Hamimi. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PEMBUKTIAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GEOMETRI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Pembuktian matematika merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam pembelajaran matematika di sekolah. salah satu kendala yang dialami siswa terhadap geometri adalah kesulitan dalam mengkonstruksi bukti. salah satu penyebab belum tersedia perangkat pembelajaran khusus bukti. adapun untuk mencapai maksud tersebut diperlukan perangkat pembelajaran pembuktian menggunakan model guided inquiry. penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran pembuktian menggunakan model pembelajaran guided inquiry untuk mengembangkan kemampuan geometri siswa. penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model addie yang terdiri atas lima tahap. tahap pertama yaitu analysis (analisis), kegiatan yang dilakukan adalah menganalisi kebutuhan, karakteristik siswa, silabus, dan materi. tahap kedua yaitu design (desain), kegiatan yang dilakukan adalah menyusun perangkat pembelajaran berupa materi ajar, rpp, lkpd, dan thb yang berupa produk awal. tahap ketiga

Baca Juga : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PEMBUKTIAN DENGAN STRATEGI ABDUKTIF-DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA SMA (Ernawati, 2017) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Camelia, 2019) ,

itu development (pengembangan), kegiatan yang dilakukan adalah proses validasi dari validator yang bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang valid. setelah divalidasi diperoleh prototipe 1. tahap keempat yaitu implementation (pelaksanaan), kegiatan yang dilakukan adalah ujicoba kelompok keterbacaan dan uji coba lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang praktis dan efektif. setelah uji coba keterbacaan diperoleh prototipe 2. setelah ujicoba lapangan diperoleh prototipe 3. tahap kelima yaitu evaluation (evaluasi), kegiatan yang dilakukan adalah menganalisis data kepraktisan dan keefektifan, kemudian dihasilkan prototipe akhir yang valid, praktis dan efektif. subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas xii-4 man model banda aceh 1. berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran berupa materi ajar, rpp, lkpd, dan thb. perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatergorikan valid, praktis dan efektif. kata kunci: pembuktian pada geometri transformasi dan guided

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015) ,

PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA SISWA SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (DEBBY PRATIWI, 2020) ,

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FUNGSI EKSPONENSIAL DAN LOGARITMA DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (MAILIS TRIANA, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi