Subarianto. PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak judul penelitian : peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika rendahnya kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa menunjukkan perlunya upaya perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan penerapan pendekatan problem posing. tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran problem posing dengan peningkatan kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran konvensional, baik berdasarkan keseluruhan siswa maupun berdasarkan pengelompokan siswa. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sma kelas x pada sma negeri unggul harapan persada kabupaten aceh barat daya, dengan sampel dua kelas yaitu siswa kelas x-1 sebagai kelas eksperimen dan

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM POSING. (Rifaatul Mahmuzah, 2014) ,

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017) ,

siswa kelas x-2 sebagai kelas kontrol yang yang diperoleh secara random sampling. instrument yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis. analisis data dilakukan dengan mencari nilai n-gain, normalitas sebaran data, uji homogenitas data, uji-t, uji-tí, uji mann-whitney, dan uji anova dua jalur baik berdasarkan keseluruhan siswa maupun berdasarkan kemampuan awal siswa (kam). berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan pembalajaran problem posing lebih baik dari siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional ditinjau berdasarkan keseluruhan siswa dan pengelompokan siswa (tinggi, sedang, rendah), untuk perbandingan kemampuan awal tinggi di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kemampuan awal tinggi di kelas control, kemampuan awal sedang di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kemampuan awal tinggi kelas kontrol, dan kemampuan awal rendah di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kemampuan awal sedang kelas kontrol,. kata kunci : kemampuan representasi matematis siswa, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, pendekatan pembelajaran problem

Tulisan yang relevan

PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MIND MAP (Purwanti, 2016) ,

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA. (FERI IRAWAN, 2014) ,

PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMPN 19 BANDA ACEH (AINAL MARDIAH, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi