Haslina. KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SMA NEGERI 5 LHOKSEUMAWE. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 padasmanegeri 5 lhokseumawe oleh : haslina nim : 1409200050019 komisi pembimbing: 1. prof. dr. yusrizal, m. pd 2. dr. nasir usman, m. pd abstrak kinerja guru menjadi suatu keharusan dalam peningkatan kualitas layanan pembelajaran yang mencakup pelaksanaan kurikulum untuk semua komponen mata pembelajaran. kurikulum merupakan kumpulan: isi, tujuan, dan cara yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dan hambatan yang dihadapi guru sma negeri 5 lhokseumawe dalam implementasi kurikulum 2013. untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data. sedangkan subjek penelitian adalah pengawas sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah

Baca Juga : IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI SENI TARI DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Yeni Zuryaningsih, 2015) ,

Baca Juga : IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI SIMPANG TIGA ACEH BESAR (RAUDHATUL JANNAH, 2018) ,

ang kurikulum, guru pendamping k-13 dan guru mata pelajaran. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses dan hasil pembelajaran dalam kurikulum 2013 sudah baik, namun belum optimal dalam perencanaan, proses pembelajaran, dan penilaian khususnya pengelolaan waktu dalam pembelajaran kurang efektif dan penggunaan penilaian belum autentik; (2) motivasi guru dalam implementasi k-13 sudah tinggi bila di lihat dari pelaksanaan tugas dan tanggung jawab moral dalam mengajar; (3) komitmen dan tanggung jawab guru dalam implementasi k-13 juga terlihat baik dengan menunjukkan kepribadian, dedikasi, dan loyalitas yang tinggi terhadap tugas mengajar; (4) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 antara lain: (a) koordinasi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk terwujudnya penerapan k-13 sudah tepat sasaran; (b) komunikasi yang baik antara berbagai bagian dalam pelaksanaan kurikulum 2013 sudah dilakukan; dan (c) supervisi kepala sekolah dan guru pendamping terhadap guru sman 5 lhokseumawe belum optimal dalam proses pembelajaran dan penilaian. kata kunci: kinerja guru dan kurikulum

Tulisan yang relevan

TEACHERSí IMPLEMENTATION OF SCIENTIFIC APPROACH IN TEACHING ENGLISH FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A CASE STUDY AT STATE SENIOR HIGH SCHOOLS IN LHOKSEUMAWE) (HALAWATIL IMAN, 2021) ,

IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU-GURU SERTIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR GUGUS JAMBU KOTA BANDA ACEH IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU-GURU SERTIFIKASI DALAM PEMBALAJARAN TEMATIK RNTERPADU KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR RNGUGUS JAMBU KOTA BANDA ACEH (Siti Hardiyanti, 2015) ,

KENDALA GURU MATEMATIKA TERHADAP PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (FATMA ELIZA NASUTION, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi