Cut Luthfia Harum. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTU SIMULASI PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PHET) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 3 PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMAN 12 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) hasil belajar siswa; 2) aktivitas guru dan siswa; 3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan 4) respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran generatif berbantu simulasi phet dalam proses pembelajaran. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (ptk). data penelitian ini bersumber dari siswa kelas xi-mia 3 sman 12 banda aceh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 29 siswa, 9 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar soal tes berupa pre-test diawal dan post-test diakhir pembelajaran, serta lembar angket tanggapan siswa yang ketiganya dianalisis menggunakan uji persentase. hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran pada setiap siklus; 2) terjadi peningkatan keterampilan guru dalam

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HUKUM NEWTON DAN PENERAPANNYA DI SMAN 1 INGIN JAYA (Desy Mawaddah, 2017) ,

Baca Juga : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PHET) PADA MATERI STRUKTUR ATOM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 9 BANDA ACEH (Zahratul Idami, 2018) ,

mengelola pembelajaran pada setiap siklusnya dari kategori sedang menjadi sangat baik; 3) persentase ketuntasan klasikal secara keseluruhan juga meningkat yaitu 62%, 72%, dan 93%; dan 4) tanggapan siswa cenderung positif dimana 86% siswa menyatakan senang terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran generatif berbantu simulasi phet ini. berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif berbantu simulasi phet pada materi elastisitas dan hukum hooke dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi-mia 3 di sman 12 banda aceh baik dari segi ketuntasan individual maupun ketuntasan

Tulisan yang relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS HANDS-ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE (Sri Wahyuni, 2021) ,

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGGUNAKAN SIMULASI PHET DAN TIDAK MENGGUNAKAN SIMULASI PHET PADA KELAS XI SISWA SMAS PLUS MUHAMMADIYAH KOTA SUBULUSSALAM (Devi Raihan, 2021) ,

HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADA PPRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 1 PEUKAN BARO (AYU PUTRIANA, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi