Nurul Fajriana. ANALISIS MISKONSEPSI BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BACA SISWA PADA KELAS XI SMAN DI KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi pada buku teks pelajaran biologi kelas xi dan hubungan antara miskonsepsi di dalam buku teks dengan minat baca siswa sman di kota banda aceh. penelitian dilaksanakan pada 8 sman di kota banda aceh. populasi dalam penelitian ini adalah 200 siswa dan sampel berjumlah 133 siswa kelas xi. objek penelitian adalah buku teks biologi kelas xi yang dominan digunakan siswa. metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan angket. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi pada buku teks pelajaran biologi yang digunakan siswa. miskonsepsi yang paling tinggi terdapat pada materi sistem gerak dan sistem koordinasi (14%), materi sistem sirkulasi (13%) dan yang paling rendah ditemukan pada materi sistem pertahanan tubuh (3%). miskonsepsi juga dapat terjadi akibat kesalahan ejaan. kesalahan ejaan yang paling banyak ditemukan pada materi struktur dan

Baca Juga : ANALISIS HUBUNGAN MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DENGAN BUKU TEKS DAN MOTIVASI BELAJAR PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS LINTAS MINAT BIOLOGI SMAN DI KOTA BANDA ACEH (YUSRIATI, 2018) ,

Baca Juga : ANALISIS MISKONSEPSI GURU DAN BUKU TEKS BIOLOGI KELAS XI SMAN PADA MATERI SISTEM SARAFRN DI KABUPATEN NAGAN RAYA (IRMA HIDAYATI, 2014) ,

gsi jaringan hewan (23%), materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta sistem sirkulasi (16%), yang paling rendah ditemukan pada materi sistem reproduksi dan sistem pertahanan tubuh (3%). minat baca siswa yang paling dominan terdapat pada materi sistem pertahanan tubuh (95%) dan minat baca siswa yang paling rendah terdapat pada materi sistem koordinasi (19%). hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang erat antara miskonsepsi dengan minat baca siswa (r = -0.837). artinya semakin tinggi miskonsepsi maka minat baca menjadi rendah. sebaliknya, semakin rendah miskonsepsi maka minat baca meningkat. dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi pada buku teks berhubungan dengan minat baca siswa sman di kota banda aceh. kata kunci: miskonsepsi, buku teks biologi, minat baca

Tulisan yang relevan

ANALISIS MISKONSEPSI MATERI STOIKIOMETRI PADA BUKU TEKS KIMIA SMA KELAS X (Erika, 2021) ,

ANALISIS DAN UPAYA MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA MELALUI PENGEMBANGAN MODUL DAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMAN 5 KOTA BANDA ACEH (Cut Ratna Dewi, 2016) ,

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA (Rahmi, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi