Wan Mursalin. PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA TAHUN AJARAN 2015/2016. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Model pembelajaran memegang peranan yang pentingdalam proses belajarmengajar. salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah children learning in science (clis). namum yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakahberpengaruhpenggunaan model pembelajaran clis terhadap hasil belajarips terpadudi smp negeri 1 meureudu. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran clis terhadap hasil belajar ips terpadu di smp negeri 1 meureudu. penelitian ini merupakan penelitian deskriptifkuantitatif dan jenis eksperimen yang diawali dengan tes awal (pre-test), proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran clis dan diakhiri dengan tes akhir (post-test). populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii di smp negeri 1 meureudu tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 220 siswa.sampel diambil dua kelassecara purposivesampling, yaitu kelas viii a dan kelas viii b dengan masing-masing kelas terdiri dari 20 siswa dan 22 siswa. teknik

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE (Noni Anggraini, 2014) ,

Baca Juga : EVALUASI KEBUGARAN JASMANI MURID SEKOLAH DASAR NEGERI 5 MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA TAHUN AJARAN 2012/2013 (MARYANI, 2014) ,

pengumpulan data dilakukan secara observasi, tes, dan kajian kepustakaan. setelah data terkumpul dianalisis dengan menggunakan ujianova dan uji-t. uji f (anova) digunakanuntukmengetahuikemampuanawalsiswakeduakelassebelumdiberikanperlakuan.berdasarkanhasil pengolahan data post test diperolehnilai thitung adalah 1,74 pada taraf signifikan 5%. nilai ttabel diperoleh dari tabel distribusi t dengan dk (n1 + n2 2 = 40) adalah 1,68. jadi berdasarkan hasil pengolahan data dan tabel distribusi t diketahui bahwa nilai thitung> ttabel yaitu 1,74 > 1,68. dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran children learning in science lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN PENAMPAKAN BUMI DAN LANGIT DI KELAS IV SD NEGERI 6 JAYA KABUPATEN ACEH JAYA (Anjar Asmara, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI KEPADATAN POPULASI UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MEUREUDU KEBUPATEN PIDIE JAYA (NURJANNAH, 2013) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Putri Yolanda Utari, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi