Fauzi. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe stad, materi segi empat. berdasarkan standar isi dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan, materi segi empat diajarkan bagi siswa kelas vii smp. sebagaimana observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa hasil belajar siswa belum memuaskan, siswa cenderung pasif dalam memahami konsep matematika. pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk membangun konsep-konsep dan prinsip-prinsip matematika. rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap materi segiempat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii smp negeri 1 tapaktuan?. penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segi empat di kelas vii smp negeri 1 tapaktuan. jenis penelitian ini adalah penelitian

Baca Juga : PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VRNSD NEGERI 2 PEUKAN BADA (MAILA PUSPITA SARI, 2015) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD RNPADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMPN 2 RNBANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (Aiya Maghfirah, 2015) ,

ndakan kelas, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. data dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian tes pada akhir siklus, data aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berupa persentase. berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa untuk siklus i dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 63,33%, pada siklus ii mengalami peningkatan dengan persentase siswa yang tuntas 83,33% dan pada siklus ke iii memperoleh persentase ketuntasan sebesar 93,33%. dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi segi empat segi empat di kelas vii smp negeri 1 tapaktuan tahun pelajaran

Tulisan yang relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII MTSN KUTA BARO (Lailatul Qadrina, 2016) ,

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 1 JEUMPET (Lusia Fitriana, 2014) ,

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 LAMCOT (THOMAS HERMANTO, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi