MERI AVRIDA. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KERAGAMAN MAKHLUKHIDUP DI LINGKUNGANKU KELAS IV SDN 5 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe stad, subtema keragaman makhluk hidup di lingkunganku judul dari penelitian ini adalah “pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar siswa pada subtema keragaman makhluk hidup di lingkunganku kelas iv sdn 5 banda aceh”. rumusan masalah dari penelitian ini adalah “apakah penggunaan modelpembelajaran kooperatif tipe stad berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada subtema keragaman makhluk hidup di lingkunganku kelas iv sdn 5 banda aceh?”. sedangkan tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruhpenggunaan modelpembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar siswapada subtema keragaman makhluk hidup di lingkunganku kelas iv sdn 5 banda aceh. hipotesis dari penelitian ini adalahpenggunaan modelpembelajaran kooperatif tipe stad berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada subtema keragaman makhluk hidup di lingkunganku kelas iv sdn 5 banda aceh..pendekatan penelitian ini adalah pendekatan

Baca Juga : PENGARUH MODEL MIND MAPPING, KETUNTASAN BELAJAR, SUB TEMA KERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU (Sri Anggraini, 2015) ,

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKURN KELAS IV SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Afratun, 2014) ,

uantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat eksperimen murni.populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas iv sdn 5 banda aceh yang berjumlah 65 siswa.sampel penelitian ini adalah siswa kelas iv yakni kelas?iv?_aberjumlah 33 siswa dan kelas?iv?_bberjumlah 32 siswa.untuk memperoleh data dilakukan penyebaran soal tes yang berbentukuraian yang berjumlah 10 soal. setelah data terkumpul, diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan ? = 0,05.setelah data diolah dengan menggunakan uji-t, diperoleh t_(hitung )>t_tabel yaitu 6,33> 1,67. maka, dinyatakan h_0 ditolak sehingga h_1 diterima.oleh karena itu, hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa“penggunaan modelpembelajaran kooperatif tipe stad berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada subtema keragaman makhluk hidup di lingkunganku kelas iv sdn 5 banda aceh”, dapat

Tulisan yang relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 LAMCOT (THOMAS HERMANTO, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014) ,

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN TPS PADA SUBTEMA KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN DI KELAS IV SDN 22 BANDA ACEH (Sarlina, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi