Cut Nurbani. PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI 2 PEUKAN BARO. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Rendahnya hasil belajar siswa terutama dalam pempelajaran fisika dipengaruhi banyak foktor, salah satunya adalah kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru.oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti ingin meneliti model pembelajaran eksperimensebagai salah satu alternatif untuk memotivasi belajar siswa dalam pelajaran fisika.adapun permasalahannya adalah bagaimana pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas viii smp negeri 2 peukan baro pada materi perambatan cahaya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terhadap hasil belajar fisika bagi siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode eksperimen dan metode pembelajaran konvensional. penelitian ini dilakukan pada kelas viii smp negeri 2 peukan baro yang berjumlah 5 (lima) kelas. dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak dua kelas, penentuan sampel dilakukan secara random (acak) yaitu kelas viiia sebagai kelas

Baca Juga : PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Lia Musnidar, 2015) ,

Baca Juga : PENGARUH TEORI GAGNE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI TEKANAN DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Evi Marlita, 2015) ,

perimen dan viiibsebagai kelas kontrol. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes essay dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. dari pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,78> 1,67. sehingga diperoleh kesimpulan bahwa, “hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran eksperimen lebih baik dengan hasil belajar siswa yang diajarkan metode pembelajaran non eksperimen pada materi cayaha smp negeri 2 peukan

Tulisan yang relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLLABORATIVE LEARNING) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTA BARO ACEH BESAR (Masyithah Dahliani, 2017) ,

HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADA PPRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 1 PEUKAN BARO (AYU PUTRIANA, 2015) ,

PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi