Muliatina. KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DI SDN TEUPIN PUKAT MEUREUDU PIDIE JAYA. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak muliatina. 2016. kendala guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 di sdn teupin pukat meureudu pidie jaya. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dra. monawati, m.pd., (2) drs. fauzi, m.pd. kata kunci: pendekatan saintifik dalam pelaksaan kurikulum 2013, proses pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik. penelitian ini mengangkat masalah tentang kendala apa sajakah yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan saintifik di sdn teupin pukat meureudu pidie jaya. secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan saintifik di sdn teupin pukat meureudu pidie jaya. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. subjek dari penelitian ini adalah guru kelas yang ada mengajarkan pendekatan saintifik yang berjumlah 4 orang. data

Baca Juga : IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS TINGGI GUGUS MANGGA KECAMATAN JAYA BARU BANDA ACEH (Suhartini, 2017) ,

Baca Juga : KESIAPAN GURU KELAS TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 14 BANDA ACEHKECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (SUCI NAZIRAH, 2017) ,

leh dari hasil pemberian angket, observasi dan wawancara. data yang diperoleh melalui pemberian angket diolah dengan menggunakan rumus persentase untuk melihat persentase jawaban responden. selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. hasilnya menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi oleh guru adalah pada bagian menanya dengan persentase 50% jarang melakukan serta 50% sering melakukan dan pada kegiatan mengasosiasi/menyimpulkan dengan persentase 50% tidak pernah melakukan, 25% jarang melakukan, serta 25% sering melakukan. hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi guru terhadap peserta didik dan penggunaan waktu yang kurang efektif. oleh karena itu disarankan kepada guru agar lebih banyak lagi memberikan perhatian kepada peserta didik dengan cara selalu memberi pujian kepada peserta didik apabila ada yang mau bertanya atau memberi saran. apabila ada pertanyaan dari peserta didik selalu dihargai atau memberi respon dengan

Tulisan yang relevan

KENDALA GURU DALAM MENYESUAIKAN DIRI DENGAN PERUBAHAN KURIKULUM KTSP KE KURIKULUM 2013 DI GUGUS JERUK KECAMATAN JAYA BARU BANDA ACEH (Chairuni, 2016) ,

KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN PENILAIAN PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH. (Dian Julianti, 2017) ,

SPESIES HEWAN LAUT HASIL TANGKAPAN NELAYAN DIKAWASAN MEUREUDU DAN PANTE RAJA KABUPATEN PIDIE JAYA (Novi Marliani, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi