SHIDQI ISKANDAR. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Kata kunci : pembelajaran, project based learning, audiovisual, hasil belajar, geografi model pembelajaran project based learning adalah model pembelajaran yang mana dalam pembelajaran guru memberikan tugas proyek yang diselesaikan sendiri oleh siswa dalam kelompok untuk dipresentasikan di depan kelas produk yang dihasilkan. guru hanya mengawasi setiap kelompok dalam melaksanakan tugas proyek yang diberikan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar. (2) aktivitas guru dan siswa. (3) keterampilan guru. (4) respon siswa terhadap model pembelajaran project based learning berbantuan media audiovisual. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi ips1 sma negeri 1 bandar baru pidie jaya yang terdiri atas 25 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, tes hasil belajar siswa, dan angket respon siswa menggunakan model

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMAN 2 BANDA ACEH (M FADHLURRAHMAN, 2020) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WEB LOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (Zakia Firnanda, 2020) ,

elajaran project based learning yang telah dilaksanakan. hasil penelitian diperoleh bahwa (1) persentase ketuntasan individual pada siklus i yaitu 72 persen, siklus ii yaitu 88 dan pada siklus ii 92 persen. secara klasikal persentase ketuntasan pada siklus i yaitu 50 persen, pada siklus 2 terdapat 80 persen, sedangkan pada siklus iii meningkat menjadi 90 persen; (2) aktivitas guru dan siswa dikatakan meningkat dari siklus i, siklus ii dan siklus iii; (3) keterampilan guru pada siklus i memperoleh skor 2,5 di kategorikan sedang , pada siklus ii memperoleh skor 2,8 dengan kategori baik, dan pada siklus iii dikategorikan baik dengan skor 3; dan (4) respon siswa positif terhadap penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media audiovisual.

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Fahrina, 2018) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Siti Asra, 2019) ,

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMAN 11 BANDA ACEH (Aulia Nur, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi