Asrina. PENERAPAN MODEL PICTURE AND STUDENT ACTIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X-6 MAN 3 RUKOH BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Abstrak kata kunci : picture and student active, hasil belajar, geografi dalam pelaksanaannya pembelajaran guru kurang menerapkan model pembelajaran di dalam kelas sehingga proses belajar mengajar terasa membosankan dan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. model picture and student active adalah pembelajaran menggunakan gambar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar geografi dengan menggunakan model pembelajaran picture and student active. (2) kemampuan guru dalam menerapkan model picture and student active (3) aktivitas guru dan siswa dalam menerapkan model picture and student active (4) respon siswa dalam pembelajaran model picture and student active. jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. subjek penelitian adalah siswa kelas x-6 man 3 rukoh banda aceh yang berjumlah 27 siswa. teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan angket. hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. berdasarkan hasil

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Dian Amalia, 2014) ,

elitian tindakan kelas dan hasil analisis data dapat disimpulkan (1) menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan rata-rata pada hasil belajar siswa dapat dilihat secara individual, rpp-i hanya 21 siswa yang tuntas, secara klasikal sebesar 77,78%, rpp-ii mengalami kenaikan menjadi 24 siswa yang tuntas, secara klasikal sebesar 88,89%, rpp-iii terdapat 26 siswa yang tuntas, secara klasikal sebesar 96,29%. (2) aktivitas guru dan siswa telah mencerminkan pelaksanaan model picture and student active; (3) keterampilan guru dalam menerapkan model picture and student active telah mengalami peningkatan, yaitu siklus i (2,91) sedang, siklus ii (3,3) cukup baik, dan siklus iii (3,9) baik; dan (4) respon rata-rata siswa terhadap model picture and student active yaitu 96,2% senang, 96,2% baru, 100% berminat, 96% jelas, dan 92% model picture and student active. disarankan kepada guru maupun pihak lain yang mencari solusi untuk membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran terutama geografi, dapat menerapkan model picture and student

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE RNAND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWARNPADA KONSEP CACAT MATA KELAS VIIIARNMTSN BLANG RNBALEE KABUPATEN ACEH BARAT (Mizayanti, 2015) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER COMMENT KELAS X IS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 NAGAN RAYA (SRI ARIMBI NINGSIH, 2018) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS IV SD NEGERI 36 BANDA ACEH (Novia Faradilla, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi