ERYZA ILMIANA. KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak kata kunci : discovery learning, open-ended, persamaan linear dua variabel, ketuntasan belajar discovery learning merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk menemukan sendiri pemahaman dan konsepnya. open-ended merupakan salah satu pendekatan yang menyajikan masalah terbuka yang memiliki jawaban benar lebih dari satu. penelitian ini menerapkan model discovery learning dengan pendekatan open-ended pada materi persamaan linear dua variabel di kelas viii smp negeri 10 banda aceh. tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada materi persamaan linear dua variabel melalui penerapan model discovery learning dengan pendekatan open-ended di kelas viii smp negeri 10 banda aceh. penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling, dimana kelas yang dipilih adalah kelas viii-b dengan jumlah siswa 22 orang. penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pre-eksperimen design,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016) ,

Baca Juga : HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016) ,

yaitu one shot case study. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, angket respon siswa, dan lembar observasi lapangan. pengolahan data menggunakan uji-t dengan simpangan baku populasi (?) tidak diketahui. uji yang digunakan adalah uji satu pihak, yaitu uji pihak kanan dengan taraf signifikan ?=0,05. hasil analisis data tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 78,41 dengan simpangan baku 10,93. berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai thitung (3,07) lebih dari nilai ttabel (1,72), sehingga dapat dikatakan bahwa ho ditolak. disamping itu, hasil analisis respon angket menunjukkan bahwa 27,27% siswa memberikan respon sangat setuju, sedangkan 72,73% siswa memberikan respon setuju. sementara itu hasil lembar observasi lapangan untuk aspek pengamatan guru memperoleh nilai rata-rata 4 yang berada pada kategori baik dan untuk aspek pengamatan siswa memperoleh nilai rata-rata 3,77 yang juga berada pada kategori baik. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model discovery learning melalui pendekatan open-ended hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan pada materi persamaan linear dua variabel di kelas viii smp negeri 10 banda aceh.

Tulisan yang relevan

PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS III SDN 18 BANDA ACEH (ZAHRATUL MUSTABSYIRAH, 2014) ,

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DI KELAS VIII SMPN 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2014/2015 (MUTHMAINNAH, 2015) ,

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LHOKNGA TAHUN AJARAN 2012/2013 (Afrina Sari , 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi