Novita Angraini. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak kata kunci: pembelajaran pencapaian konsep (concept attainment), ketuntasan belajar, fungsi fungsi merupakan salah satu materi yang dianggap sulit dipahami siswa kelas viii smp negeri 2 banda aceh. rendahnya pemahaman siswa terhadap materi ini, diduga disebabkan oleh model pembelajaran yang diberikan. agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik, salah satunya perlu digunakan model pembelajaran pencapaian konsep (concept attainment learning). model pembelajaran pencapaian konsep adalah model pembelajaran yang dirancang untuk menata atau menyusun data sehingga konsep-konsep penting dapat dipelajari secara tepat dan efisien. dengan menerapkan model pembelajaran tersebut diharapkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika menjadi lebih baik lagi. penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, (2) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (3) untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran, (4) untuk mengetahui

Baca Juga : PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI METABOLISME (Nazar Muhammad, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015) ,

n siswa. jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii smp negeri 2 banda aceh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii-1 smp negeri 2 banda aceh sebanyak 27 orang. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: (1) lembar observasi aktivitas kemampuan guru dalam pembelajaran, (2) lembar observasi aktivitas kemampuan siswa dalam pembelajaran, (3) angket respon siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan (4) hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes. pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan pada taraf signifikan ? = 0,05. berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas viii smp negeri 2 banda aceh melalui model pembelajaran pencapaian konsep (concept attainment) pada materi fungsi dapat mencapai ketuntasan belajar. kategori pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah baik, aktivitas siswa yang didasarkan pada waktu ideal dan toleransi 5% dikatakan aktif serta respon siswa terhadap pembelajaran melalui pembelajaran pencapaian konsep dikatakan positif, karena untuk setiap aspek yang di respon lebih dari 80% siswa memberikan tanggapan

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RNTAKE AND GIVE PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIIIRN SMP NEGERI 1 KUTA BARO (MAYSARAH FITRI, 2015) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACLLLNG AND LEARNING (CTL) DAN MODEL QUANTUM TEACHING KOMPETENSI DASAR FLORA DAN FAUNA KELAS VIIL SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Desi Vebriyanti, 2021) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING RN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAHRN SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP RN NEGERI 8 BANDA ACEH (Nursafiah, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi