suryati. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DEMOKRASI DI SMP NEGERI 1 KOTA LHOKSEUMAWE TAHUN AJARAN 2012/2013. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Kata kunci : problem based learning, hasil belajar pendidikan kewarganegaraan sebagai mata pelajaran yang bertujuan untuk membentuk karakter individu yang bertanggung jawab, demokratis, serta berakhlak mulia. dalam proses pembelajarannya lebih menekankan pada kemampuan dan keterampilan peserta didik untuk memahami serta menanamkan nilai-nilai kewarganegaraan yang baik, dan menuntut partisipasi aktif siswa. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model problem based learning pada mata pelajaran pkn kelas viii c smp negeri 1 kota lhokseumawe. jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. subjek penelitian ini adalah siswa kelas viii c smp negeri 1 kota lhokseumawe tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 29 siswa. teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a)

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM (Cut Eka Parasamya, 2017) ,

ervasi, dan (b) tes. prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini terbukti pada siklus i nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan. hasil penelitian pada siklus i meningkat dibandingkan sebelum dilaksanakannya penelitian, yaitu 72,41% siswa telah mencapai standar ketuntasan belajar minimal yaitu 65. nilai rata-rata kelas setelah penerapan model problem based learning mengalami peningkatan angka sebesar 4,18. pada siklus ii jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal sebanyak 27 siswa atau 93,10 %. nilai rata-rata kelas pada siklus ii yaitu 82,90, terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus i ke siklus ii sebesar sebesar 9,67. bila dibandingkan dengan sebelum penerapan model problem based learning, nilai rata-rata siswa pada siklus ii ini mengalami kenaikan angka sebesar 13,85. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar pkn materi demokrasi pada siswa-siswa.

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MASALAH SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH (JULIANA, 2015) ,

HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASET LEARNING (PBL) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Jumratul Aini, 2017) ,

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK (Safaruddin, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi