NURHAYATI LINDA SARI. KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

The p rincipal as an educator in improving the creativity of teachers in state elementary school 1 peukan bada of aceh besar abstract (nurhayati linda sari) principal as an educator of school has a strategic role in improving the creativity of teachers. the purpose of this study was to find out the programs, the strategy of principal, and the factors that influence the principal as an educator in improving the creativity of teachers in state elementary school 1 peukan bada of aceh besar. this study used qualitative approach with descriptive method. techniques of data collection used were observation and interview. subjects of this study were principal and teachers. the results of the study showed that: 1) the program of principal as an educator in improving the creativity of teachers included medium-term program and short-term program. the long-term program was not included. the medium-term and short-term program were stated in the annual and semester program, as stated in the

Baca Juga : KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU PADA SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (AMIRUDDIN, 2017) ,

Baca Juga : KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PADA SMK NEGERI 2 SIGLI KABUPATEN PIDIE (Farizal Hadi, 2017) ,

schoolís document. some activities in the annual program were improving the ability of teachers in formulating the lesson plan, implementing, and evaluating the teaching process performed by the teachers; 2) the strategy of principal as an educator in improving the creativity of teachers was by implementing democratic leadership. the principal was democratic to face the teachers and discussed with the teachers about the creativity problems in order to find an effective way to improve the creativity of teachers in developing teaching process; and 3) the factors that influence the principal as an educator were the commitment of the teachers to the tasks given by the principal, the paternalistic leadership implemented by the principal as an educator, the discipline enforcement, and the exemplary principal in improving the creativity of teachers. keywords: principal, educator, and creativity of teachers kepala sekolah sebagai edukator dalam meningkatkan kreativitas guru di sekolah dasar negeri 1 peukan bada aceh besar oleh : nurhayati linda sari nim : 0909200050157 komisi pembimbing: 1. prof. dr. murniati ar, m. pd. 2. prof. dr. cut zahri harun, m. pd. abstrak kepala sekolah sebagai edukator sekolah memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan kreativitas guru. tujuan penelitian ini untuk mengetahui: program, strategi kepala sekolah, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepala sekolah sebagai edukator dalam meningkatkan kreativitas guru di sekolah dasar negeri 1 peukan bada aceh besar. penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data observasi dan wawancara, subjek penelitian kepala sekolah dan guru. hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) program kepala sekolah sebagai edukator dalam meningkatkan kreativitas guru meliputi program jangka menengah dan jangka pendek. sedangkan program jangka panjang tidak disusun. program jangka menengah dan pendek tertuang dalam program tahunan dan semester, sebagaimana tercantum dalam dokumen sekolah. jenis kegiatan di antaranya: kegiatan mengajar di kelas, membimbing guru, membimbing staf tata usaha, membimbing siswa, mengembangkan staf, mengikuti perkembangan iptek, dan memberi contoh bimbingan konseling yang baik kepada wali kelas.; 2) strategi kepala sekolah sebagai edukator dalam meningkatkan kreativitas guru dengan menerapkan kepemimpinan demokratis. menghadapi guru-guru biasanya kepala sekolah selalu bersikap demokratis dan dalam membicarakan masalah kreativitas, kepala sekolah bertukar pikiran dengan guru-guru sehingga menemukan satu cara efektif untuk meningkatkan kreativitas guru dalam pengembangan proses pembelajaran; dan 3) faktor yang ikut mempengaruhi kepala sekolah sebagai edukator, di antaranya komitmen guru terhadap tugas yang diberikan oleh kepala sekolah, kepemimpinan paternalistik yang diterapkan oleh kepala sekolah sebagai edukator, penegakkan disiplin, dan keteladanan kepala sekolah dalam meningkatan kreativitas guru. kata kunci: kepala sekolah, edukator, dan kreativitas guru

Tulisan yang relevan

KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Syukurdi M, 2015) ,

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANRNKOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SMA NEGERI 1RNPEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Zulkifli, 2014) ,

KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA (AFFILINDA, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi